Jumat 30 Oktober 2020, 00:00 WIB

Alternatif Obat Covid-19

MI | Humaniora
Alternatif Obat Covid-19

AFP

 

PENCARIAN obat covid-19 terus diupayakan oleh para ahli sambil menunggu kepastian produksi vaksin. Menurut dokter dari Departemen Penelitian dan Pengembangan PT Harsen Laboratories, Herman Sunaryo, penggunaan obat anthelmintik (obat infeksi cacing) Ivermectin dapat menjadi alternatif untuk pengobatan covid-19.

“Masyarakat mungkin tidak tahu Ivermectin ini karena di Indonesia obat ini lebih sering untuk veteriner. Namun, keprihatinan terhadap pasien covid-19 yang meninggal tanpa obat telah menggerakkan para dokter di Peru, Dominica, Bangladesh, dan India untuk  menggunakan  Ivermectin,” ujar Herman dalam keterangannya di Jakarta.

Ia mengatakan, selain sudah off paten, obat tersebut dapat digunakan oleh manusia dan harganya juga murah, aman, dan efektif. Sejumlah negara di Amerika Selatan juga telah menggunakan Ivermectin sebagai pengobatan dan tindakan pencegahan setelah penelitian laboratorium awal menunjukkan bahwa obat itu dapat menghilangkan covid19. Ivermectin sendiri sering dipakai untuk pengobatan infeksi parasit. (Ant/H-1)

Baca Juga

Yoseph Pencawan

Audisi Rektor, Dekan Fisip USU Paparkan Program

👤(PS/YP/H-3) 🕔Rabu 25 November 2020, 00:45 WIB
PROSES penjaringan calon Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) memasuki tahapan pemaparan program kerja,...
 ANTARA FOTO/Makna Zaezar/wsj.

Wisata Berbasis Ekosistem Gambut

👤 (SS/H-1) 🕔Rabu 25 November 2020, 00:35 WIB
JASA lingkungan, khususnya ekowisata, potensial untuk dikembangkan di ekosistem gambut dengan menyinergikan pengelolaan ekosistem...
MI/Susanto

Iuran BPJS tengah Dikaji

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 25 November 2020, 00:25 WIB
PEMERINTAH tengah menyiapkan penyusunan besaran iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang berbasis kebutuhan dasar...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya