Rabu 28 Oktober 2020, 10:15 WIB

Ideafest Tahun ini Digelar Virtual

Fathurrozak | Weekend
Ideafest Tahun ini Digelar Virtual

Screenshoot
Konferensi pers Ideafest 2020. Ben Soebiakto (atas tengah) bersama para pembicara yang akan mengisi forum tahun ini yang bertema Restart.

Berlangsung pada 5-15 November, Ideafest yang tahun ini memasuki tahun kesembilan, akan berlangsung secara virtual. Hal ini dilihat sebagai peluang untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Sejauh ini, Ideafest dijalankan dengan kacamata Jakartasentris. Dengan rangkaian konferensi pembicara yang dijalankan secara virtual, ini menjadi pembuka untuk menemukan talenta yang lebih luas lagi, dan membawa forum ke audiens yang juga berada di banyak daerah di Indonesia.

"Dengan bantuan teknologi, kami melihat adanya potensi. Pandemi covid-19 ini memaksa kami untuk bertransformasi ke virtual. Ini juga akan menjangkau masyarakat lebih luas lagi, tidak cuma di Jakarta," kata CEO Samara Media & Entertainment yang juga salah satu penggagas Ideafest Ben Soebiakto, dalam konferensi pers virtual, Selasa, (27/10).

Tahun ini, Restart menjadi tema Ideafest berkaca dari situasi pandemi yang sudah berjalan kurang lebih selama delapan bulan.

"Restart dipakai sebagai spirit bersama. Kalau kita bekerja terlalu berat juga akhirnya akan burnout. Meski covid-19 dilihat sebagai tantangan, perlu juga diubah sedikit pola pikirnya. Bukan saja perkara karena ada covid-19. Jangan-jangan model bisnis kita selama ini terlalu kuno, atau terlalu Jakartasentris. Sering kali kita tidak melihat kota kecil," kata Ben.

"Saya bersama Bang Andy Noya dengan misi kami pada 2010 saat itu, melihat industri kreatif sudah masuk peta pemerintah. Kami mencoba membentuk dan membangun peta jalannya, bergerak dari sisi komunitas, karena belum terlalu terekspos. Sudah ada hampir 700-800 talent selama delapan kali acara. Kami berusaha menghubungkan para pelaku industri kreatif di sini. Harapannya adalah bermunculannya para talenta baru," kata Ben.

Karena berlangsung secara virtual, tahun ini Ideafest juga bisa menjangkau kalangan mahasiswa dengan lebih luas. Maka muncullah Ideaspark Forum yang berlangsung selama tiga hari, (5-8 November). Forum ini ditujukan sebagai wahana pertentangan ide-ide para mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia. Beberapa isu yang akan diperbincangkan dan menjadi proyek di antaranya berbasis sosial politik, perubahan iklim, edukasi, kesehatan dan kesejahteraan.

Nantinya, seluruh rangkaian forum dan konferensi akan disiarkan melalui situs resmi www.ideafest.id, dan platform OTT Vidio.com. (M-4)

Baca Juga

Dok Jacoweek

Jakarta Coffee Week 2020 Siap Digelar Daring

👤Retno Hemawati 🕔Selasa 24 November 2020, 23:15 WIB
Diadakan sejak tahun 2016, di tahun ke-limanya kali ini Jacoweek dilakukan secara online...
Dok Lazada

Gandeng Lima Desainer Lazada Meriahkan Jakarta Fashion Week

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 November 2020, 22:03 WIB
Kelima desainer muda itu 3Mongkis, SSST, HAM! Jeansku, Nadjani, dan Warning...
Instagram Galeri Nasional

Kehabisan Slot Pameran Imersif Affandi? Pakai Saja Fitur Ini

👤Galih Agus Saputra 🕔Selasa 24 November 2020, 19:15 WIB
Pameran berlangsung sampai besok, namun slot tiket mengunjungi pameran telah habis direservasi sejak jauh...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya