Rabu 28 Oktober 2020, 09:46 WIB

Kebiasaan Konsumsi Hewan Liar di Afrika Sulit Ditekan

Putri Rosmalia | Weekend
Kebiasaan Konsumsi Hewan Liar di Afrika Sulit Ditekan

DANIEL GARCIA / AFP
Singa Afrika

MESKI berisiko tinggi, perburuan dan kebiasaan warga Afrika mengonsumsi satwa liar hingga saat insulit ditekan. Kegiatan tersebut telah mengancam populasi hewan tersebut. Bagi manusia, kebiasaan mengonsumsi hewan liar berisiko menimbulkan berbagai penyakit baru dari hewan atau zoonosis.

Direktur Konservasi Wildlife Conservation Network Afrika Peter Lindsey mengatakan kebiasaan mengonsumsi hewan liar itu pada akhirnya sepaket dengan kegiatan perburuan ilegal hewan dilindungi. Pada beberapa hewan, sebagian tubuhnya akan dikonsumsi, sementara bagian lainnya dijual. Seperti gading gajah atau cula badak.

"Ini masalah kompleks yang perlu diselesaikan bersamaan pada beberapa masalah yang ada," ujar Lindsey, seperti dikutip Mongabay.com, Selasa, (27/10).

Ia mengatakan, masyarakat yang tinggal di sekitar taman nasional di Afrika umumnya berada di bawah garis kemiskinan. Mereka terpuruk secara ekonomi sehingga mengonsumsi daging hewan liar menjadi pilihan terbaik untuk mendapatkan sumber protein.

"Pada banyak wilayah di Afrika, sistem yang ada tak berpihak pada upaya pemberdayaan warga sekitar hutan. Jadi warga sekitar hutan melakukan caranya sendiri untuk mendapatkan keuntungan dari hutan dengan memakan dan menjual hasil buruannya," ujar Lindsey.

Saat ini pemerintah di berbagai wilayah Afrika tengah didorong untuk lebih serius menangani masalah tersebut. Isu ancaman penyakit zoonosis diharapkan dapat membuat upaya penghentian perburuan dan konsumsi hewan liar dapat lebih intensif dilakukan.

"Penyakit zoonosis sekarang jadi isu global setelah munculnya covid-19. Dengan kebiasaan yang ada di Afrika saat ini penyakit baru sangat mungkin akan muncul dan mewabah," ujar Lindsey. (M-4)

Baca Juga

Dok Jacoweek

Jakarta Coffee Week 2020 Siap Digelar Daring

👤Retno Hemawati 🕔Selasa 24 November 2020, 23:15 WIB
Diadakan sejak tahun 2016, di tahun ke-limanya kali ini Jacoweek dilakukan secara online...
Dok Lazada

Gandeng Lima Desainer Lazada Meriahkan Jakarta Fashion Week

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 November 2020, 22:03 WIB
Kelima desainer muda itu 3Mongkis, SSST, HAM! Jeansku, Nadjani, dan Warning...
Instagram Galeri Nasional

Kehabisan Slot Pameran Imersif Affandi? Pakai Saja Fitur Ini

👤Galih Agus Saputra 🕔Selasa 24 November 2020, 19:15 WIB
Pameran berlangsung sampai besok, namun slot tiket mengunjungi pameran telah habis direservasi sejak jauh...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya