Selasa 27 Oktober 2020, 14:39 WIB

Bos Samsung Wafat, Segini Harta yang Ditinggalkan

Insi Nantika Jelita | Internasional
Bos Samsung Wafat, Segini Harta yang Ditinggalkan

JEON HYEONG-JIN / AFP FILES / AFP
Lee Kun-Hee

 

PEMIMPIN Samsung Electronics Lee Kun-hee meninggal dunia di usia 78 tahun pada Minggu, 25 Oktober 2020. Di bawah kepemimpinan Lee, Samsung menjadi produsen smartphone dan chip memori terbesar di dunia, dengan omset keseluruhan yang setara dengan seperlima dari produk domestik bruto (PDB) Korea Selatan.

Dilansir CNN, konglomerat dari Negeri Ginseng itu memegang US$376 miliar aset atau Rp5507 triliun, menurut Komisi Perdagangan Adil Korea Selatan. Samsung mengonfirmasi kematian Lee karena sakit, setalah koma sejak menderita serangan jantung pada tahun 2014. Putra Lee, Lee Jae-yong, telah menjadi pemimpin perusahaan sejak ayahnya dinyatakan koma.

Lee dinilai memimpin pertumbuhan ekonomi Korea Selatan dengan mengubah bisnis semikonduktor menjadi industri utama negara, tulis Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dalam sebuah surat kepada keluarga Lee yang dipublikasikan Minggu.

Ayah Lee, Lee Byung-chul, menciptakan Samsung pada tahun 1930-an sebagai perusahaan perdagangan kecil dan terus berkembang menjadi ritel, elektronik, dan bidang lainnya.

Ketika Ayah-nya meninggal pada tahun 1987, Lee Kun-hee mewarisi perusahaan dan menghabiskan dekade berikutnya membangun menjadi perusahaan global.

Samsung menjadi pemasok utama chip memori dan layar tampilan untuk produsen seperti Apple (AAPL) dan Huawei, dan telah menjadi penjual ponsel pintar teratas dunia selama beberapa tahun.

Namun, kebangkitan Lee bukannya tanpa kontroversi besar. Analis telah lama mengatakan bahwa praktek suap, dan pengaruh politik antara politisi dan pengusaha praktis juga membayangi konglomerat itu. (CNN/OL-4)

Baca Juga

AFP

Redam Korona, Ratusan Penerbangan di Shanghai Dibatalkan

👤Nur Aivanni 🕔Selasa 24 November 2020, 23:40 WIB
Pejabat kesehatan telah menguji ribuan staf di Bandara Internasional Pudong sejak sejumlah kecil kasus covid-19 di kota itu dikaitkan...
AFP/Maya Alleruzzo dan Bandar Al-Jalaoud

Pejabat Saudi dan Israel Akui Netanyahu Temui Muhammad bin Salman

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 November 2020, 23:38 WIB
Salah satu sumber mengatakan lebih rinci bahwa pertemuan yang berlangsung beberapa jam itu berfokus pada Iran dan pembentukan hubungan...
AFP

Saham-Saham Wall Street Menguat Terutama Sektor Energi

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 November 2020, 23:11 WIB
Sektor energi menanjak 3,5 persen pada perdagangan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya