Senin 26 Oktober 2020, 17:05 WIB

Banyumas Siapkan Anggaran Antisipasi Bencana Hidrometerologis

Lilik Darmawan | Nusantara
Banyumas Siapkan Anggaran Antisipasi Bencana Hidrometerologis

ANTARA
Ilustrasi

 

MENGANTISIPASI dampak fenomena La Nina, Pemkab Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) mengalokasikan anggaran Rp4,3 miliar dari APBD untuk bencana
hidrometeorologis. Apalagi, dalam sepekan terakhir telah terjadi bencana banjir dan longsor di Banyumas, meski skalanya kecil.

Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan bahwa pihaknya menenyiapkan anggaran senilai Rp4,3 miliar yang berasal dari APBD Rp2 miliar dan tambahan di APBD Perubahan senilai Rp2,3 miliar. "Pemkab juga  memiliki belanja tak terduga (BTT) senilai Rp40 miliar. Kalau anggaran  cukup. Mudah-mudahan saja, tidak ada bencana yang besar. Meski demikian,  antisipasi terus dilakukan," kata Bupati, Senin (26/10).

Komandan Kodim 0701/Banyumas Letkol Inf Chandra mengatakan ada 1.000 personel lebih yang disiapkan baik dari unsur TNI, Polri, dan  sukarelawan. "Mereka sudah siap untuk terjun ke lapangan dan peralatan juga telah disiagakan," katanya.

Kapolresta Banyumas Kombes Whisnu Caraka menambahkan pihaknya telah  menyiagakan setidaknya 400 personel hingga jajaran polsek untuk bersiaga menghadapi bencana. "Bencana tidak hanya menjadi tanggung jawab satu instansi saja, melainkan seluruhnya," tambahnya.

Pada Minggu (25/10) malam, longsor terjadi di Desa Karangsalam, Kecamatan Kemranjen. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut namun sebuah rumah mengalami kerusakan.

Selain itu sejumlah desa mengalami banjir akibat meluapnya Sungai Bodong dan meluapnya Sungai Comang. Di Desa Kecila, ada 30 rumah yang terendam dengan kedalaman 60 cm dan di Desa Alasmalang ada 74 rumah dengan kedalaman 60-80 cm.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Banyumas Titik Puji Astuti mengatakan bahwa kondisi saat sekarang sudah mulai surut. "Banjir terjadi pada saat hujan deras dan sungai meluap. Hari ini, banjir berangsur-angsur sudah mulai surut," kata Titik. (R-1)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

Bareskrim Selidiki Dugaan Cagub Sumbar Curi Start Kampanye

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Selasa 24 November 2020, 17:09 WIB
Pasangan calon gubernur Sumbar, Mulyadi-Ali Mukhni melakukan kampanye di luar jadwal melalui sebuah tayangan di program televisi nasional...
DOK USU

Dua Mengundurkan Diri, Empat Orang Ikuti Audisi Calon Rektor USU

👤Puji Santoso 🕔Selasa 24 November 2020, 17:06 WIB
Empat kandidat calon rektor akan memaparkan program kerja sesuai dengan visi dan misi USU apabila terpilih sebagai rektor USU periode...
DOK MI

Pemkab Sukabumi Serahkan Bantuan 1.315 Rapid Test Kit

👤Benny Bastiandy 🕔Selasa 24 November 2020, 16:54 WIB
Pelaksanaan Pilkada yang bersamaan pandemi covid-19, harus memberikan rasa aman dan nyaman. Tak hanya bagi penyelenggara, tapi juga kepada...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya