Sabtu 24 Oktober 2020, 05:25 WIB

Inggris-Jepang Teken Perjanjian Perdagangan Bebas

 Inggris-Jepang Teken Perjanjian Perdagangan Bebas

Dok. Istimewa

 

INGGRIS dan Jepang telah menandatangani per janjian perdagangan bebas di Tokyo, beberapa jam sebelum kesepakatan Brexit dengan Uni Eropa.

Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Inggris-Jepang (CEPA), yang pada prinsipnya disepakati bulan lalu, menandai kesepakatan pertama Inggris dengan ekonomi utama sejak Brexit.

Pemerintah menyatakan perjanjian itu akan meningkatkan perdagangan dengan Jepang sebesar £15,2 miliar selama 15 tahun ke depan dan bisnis Inggris akan menikmati perdagangan bebas tarif pada 99% ekspornya ke negara itu.

Menteri Perdagangan Internasional Liz Truss telah mencapai kesepakatan dengan Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi melalui video call pada 11 September.

“Betapa tepatnya berada di ‘Negeri Matahari Terbit’ untuk menyambut awal era baru perdagangan bebas,” kata Truss. Ia menambahkan bahwa itu akan membuka jalan menuju ke Inggris dalam kemitraan Trans-Pasifik yang lebih luas.

Pemerintah menyatakan kesepakatan itu akan mendukung pekerjaan manufaktur mobil dan rel Inggris, tarif yang lebih rendah untuk produk, seperti daging babi, daging sapi dan salmon, serta konsumen Inggris akan mendapatkan akses ke barang-barang Jepang yang lebih murah dan berkualitas tinggi.

Direktur Jenderal CBI Dame Carolyn Fairbairn menyatakan bahwa kesepakatan tersebut sengaja untuk mendukung pekerjaan di seluruh negeri melalui peningkatan ekspor pertanian Inggris serta mendukung sektor manufaktur dan jasa. Konsumen juga akan mendapatkan keuntungan melalui pilihan yang lebih banyak.

Analisis pemerintah menyatakan bahwa kesepakatan dengan Jepang akan meningkatkan PDB Inggris sekitar 0,07% selama 15 tahun dan
meningkatkan upah pekerja Inggris sebesar £800 juta dalam jangka panjang.

Pembicaraan Brexit antara Inggris dan Uni Eropa akan berkembang setelah terhenti ming gu lalu ketika Downing Street tidak ada gunanya melanjutkan diskusi, kecuali ada per ubahan sikap dari UE. Kepala perun ding Uni Eropa Michel Barnier menyambut baik di bukanya kembali pembicaraan tersebut. (Skynews/Nur/I-1)


 

Baca Juga

AFP/	TED ALJIBE

2021, Filipina Targetkan 60 Juta Warga Divaksinasi Covid-19

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Selasa 24 November 2020, 14:50 WIB
Salah satu perusahaan yang berbasis di Inggris, AstraZeneca berkomitmen untuk dapat memasok hingga 20 juta vaksin ke...
AFP/John Cairns

UNICEF Gandeng 350 Mitra untuk Program Distribusi Vaksin Covid-19

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Selasa 24 November 2020, 14:37 WIB
UNICEF akan mengoordinasikan pembelian dan pengiriman untuk 92 negara berpenghasilan rendah dan menengah ke bawah secepat dan seaman...
Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden

Luhut: AS Puji Kepemimpinan Jokowi di Masa Pandemi

👤Despian Nurhidayat 🕔Selasa 24 November 2020, 14:29 WIB
Bahkan, kebijakan pemerintahan Jokowi dinilai layak menjadi contoh bagi negara lain. Pandangan pemerintah AS disampaikan ke Luhut saat...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya