Jumat 23 Oktober 2020, 13:50 WIB

Akhirnya, Pemeriksaan PCR Indonesia Dekati Standar WHO!

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
Akhirnya, Pemeriksaan PCR Indonesia Dekati Standar WHO!

Antara
Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito.

 

PEMERINTAH terus meningkatkan kapasitas dan jumlah pemeriksaan (testing) Covid-19 agar mencapai target rekomendasi yang ditetapkan Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) sebanyak 1 : 1000 penduduk per minggu.

Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito pun bersyukur, Indonesia bisa meningkatkan pemeriksaan PCR atau test usap hingga 82,51% pada minggu ketiga Oktober 2020.

"Kita telah berhasil mencapai 82,51% dari target WHO. Kita harus mengapresiasi semua pihak, hanya dalam beberapa bulan saja sudah berhasil mendekati target WHO," kata Wiku dalam keterangan pers yang disampaikan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Dengan asumsi jumlah penduduk Indonesia sebesar 267 juta jiwa, sebut Wiku, maka target WHO adalah pemeriksaan PCR Covid-19 kepada 267 ribu orang per minggu.

Sebelumnya pada Juni 2020 lalu, Indonesia hanya mampu mencapai pemeriksaan 16,86% dari target WHO. Prestasi ini kata Wiku akan terus ditingkatkan hingga mencapai sesuai target WHO.

Dengan wilayah yang luas, salah satu kendala yang dihadapi Indonesia dalam meningkatkan pemeriksaan PCR adalah dalam hal pendistribusian alat-alat penunjang seperti reagen, mesin PCR dan alat habis pakai yang mempengaruhi kapasitas sebuah laboratorium dalam melakukan pemeriksaan Covid-19.

"Jadi, mohon seluruh Pemerintah Daerah untuk segera berkomunikasi dengan Kementerian Kesehatan maupun Satgas Covid-19 apabila membutuhkan bantuan dalam penanganan Covid-19," pesan Wiku. (H-2)

 

Baca Juga

ANTARA/Nyoman Hendra Wibowo

Indonesia Terus Upayakan Pemenuhan Hak Anak

👤Atalya Puspa 🕔Selasa 24 November 2020, 14:20 WIB
Hal paling mendasar yang dilakukan Indonesia dalam upaya pemenuhan hak anak dan perlindungan anak sesuai Konvensi Hak Anak adalah dengan...
ANTARA/	IDHAD ZAKARIA

Kabar Gembira, Kemensos Buka Kuota Tambahan BST

👤Suryani Wandari 🕔Selasa 24 November 2020, 14:05 WIB
Kuota baru BST bagi 20 ribu KPM diprioritaskan untuk daerah yang penyerapan bantuannya dinilai...
Antara/Raisan Al Farisi

Ada Potongan Pajak, Berapa BSU yang Diterima Guru Honorer?

👤Faustinus Nua 🕔Selasa 24 November 2020, 13:58 WIB
Bagi guru honorer yang memiliki NPWP, besaran BSU dikenai potongan PPh sebesar 5%. Adapun penerima BSU yang belum punya NPWP, dikenai...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya