Jumat 23 Oktober 2020, 05:20 WIB

Perempuan 4 Kali Berisiko Osteoporosis

(Wan/H-2) | Humaniora
Perempuan 4 Kali Berisiko Osteoporosis

ANTARA FOTO/Maulana Surya/ama.
SOSIALISASI CEGAH OSTEOPOROSIS: Tim medis Rumah Sakit Ortopedi Solo melakukan sosialisasi kesehatan

 

HASIL penelitian International Osteoporosis Foundation menyebutkan perempuan empat kali berisiko terkena osteoporosis daripada laki-laki. Penyakit degeneratif ini menyebabkan tulang menjadi lebih rapuh dan mudah patah.

Ketua Peneliti Studi sekaligus Pakar Gizi Medik FKUI-RSCM Saptawati Bardosono, MSc, menjelaskan alasan mengapa tulang perempuan lebih rapuh ketimbang laki-laki. "Perempuan banyak mengalami fase dalam kehidupannya yang berdampak pada menurunnya tingkat kepadatan tulang. Puncaknya saat seorang perempuan memasuki fase menopause, yakni kemampuan tubuh dalam menyerap kalsium akan berkurang karena sudah tidak menghasilkan hormon esterogen," paparnya dalam webinar, Kamis (22/10).

Menurutnya, proporsi risiko osteoporosis pada perempuan semakin tinggi setelah berusia 55 tahun. Namun, jangan salah. Osteoporosis ini bukan hanya milik mereka yang berusia lanjut sebab ia bisa menyerang siapa saja, bahkan di usia muda sekalipun. "Perempuan hamil dan menyusui menjadi salah satu kelompok risiko osteoporosis," imbuhnya.

Perlu diketahui, proses osteoporosis berlangsung dalam jangka panjang sehingga terkadang penderitanya tidak menyadarinya sampai kerusakan benar-benar terjadi. Karena itu, penting untuk mencegahnya di usia muda salah satunya dengan memenuhi kecukupan kalsium dan vitamin D.

"Vitamin D terlibat dalam penyerapan kalsium di usus halus, tanpa asupan vitamin D yang cukup, bisa menjadi penyerapan kalsium tidak maksimal," kata Saptawati.

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), terdapat 32,3% perempuan di Indonesia yang mengalami osteoporosis. Sebanyak 40,6% perempuan Indonesia berusia 20-29 tahun memiliki massa tulang rendah, yang meningkatkan risiko osteoporosis dan patah tulang dalam 20 tahun ke depan saat mereka mencapai menopause.

Terkait hal itu, perusahaan Bayer pun menggaungkan lagi kampanye 3S untuk mencegah osteoporosis dalam rangka memperingati Hari Osteoporosis Sedunia pada 20 Oktober lalu. (Wan/H-2)

Baca Juga

Istimewa

Opung Pilih Jalan Santai supaya Tetap Bugar

👤Suryani Wandari Putri Pertiwi 🕔Kamis 26 November 2020, 09:05 WIB
Olahraga bagi kaum lansia sangat penting, apa pun bentuknya. Yang penting durasi latihannya 150 menit per...
DOK BPJAMSOSTEK

BPJAMSOSTEK Raih 2 Penghargaan Digital Marketing & Human Capital

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 November 2020, 08:58 WIB
Dua trofi penghargaan yang diterima langsung oleh Naufal Mahfudz ini tentunya menjadi pelengkap prestasi yang diraih BPJAMSOSTEK di...
DOK KLHK

SIMONTANA KLHK Raih Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2020

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 November 2020, 08:53 WIB
Menteri LHK, Siti Nurbaya di Jakarta (25/11/2020) mengungkapkan kegembiraannya setelah mendapat kabar SIMONTANA berhasil masuk Top 45...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya