Kamis 22 Oktober 2020, 19:00 WIB

Tetap Berkreasi di Tengah Pandemi Covid-19

Bayu Anggoro | Nusantara
Tetap Berkreasi di Tengah Pandemi Covid-19

MI.Anggoro
Sejumlah pelajar mengisi waktu luang mereka dengan bermain musik selepas belajar.

 

PANDEMI covid-19 mengharuskan siswa untuk belajar di rumah demi memutus mata rantai penyebaran virus. Meski begitu, kondisi tersebut tidak harus membuat orang tua harus memberhentikan hobi atau bakat anak mereka.

Pada orang tua tetap bisa menyalurkan hobi anak di tempat kursus atau di rumah sendiri, tentu dengan protokol kesehatan. Misalnya anak yang berbakat di bidang musik. Mereka bisa memasukannya ke Starfire guna mengasah kreativitas dalam bermusik. Band siswa kelas VII SMP yang beranggotakan Aira Dikaputra Wirahardja (vokal), M. Rassya Caesara Hanafiah (gitar), Davin Gusti Nurandi (bass), dan Muhammad Rafandhika Salim (drum) ini beruntung karena mendapat dukungan dari orangtuanya untuk tetap berkreasi di tengah pandemi.

Baca juga: Dukung Si Kecil Kembangkan Bakat Sejak Dini

Salah satu orangtua siswa, Farah Hussein, menceritakan, awalnya dia bersama tiga orangtua lainnya menghentikan aktivitas bermusik pada siswa yang masih duduk di bangku SMP tersebut. "Awalnya kami merasa  anak-anak memang harus di rumah dulu akibat pandemi ini," katanya, Kamis (22/10).

Seiring berjalannya waktu, dia khawatir karena anaknya merasa bosan akibat sudah terlalu lama beraktivitas di rumah. "Namanya anak-anak, cepat bosan karena mereka biasa ada di sekolah, belajar, dan bermain musik," ucapnya.

Terlebih, jika lama dibiarkan, para orang tua merasa khawatir anak-anak mereka  akan kehilangan sentuhan dalam bermusik. "Sayang saja kalau dibiarkan, karena mereka sudah bertekad untuk serius dalam bermusik."

Meski mendukung aktivitas bermusik anaknya itu, Farah memastikan hal ini dilakukan hanya untuk mengusir kejenuhan karena harus belajar di rumah. Sehingga, menurutnya anak-anak tersebut baru bisa bermusik setelah kewajiban-kewajiban lainnya dipenuhi.

Hal ini dibenarkan oleh Aira, vokalis Starfire. Dia bersama tiga rekannya baru dibolehkan berlatih musik ketika sudah menuntaskan kewajiban menghafal surat Alquran dan belajar di rumah.

Setiap hendak berlatih musik, mereka belajar bersama di rumah Aira yang berada di utara Kota Bandung. "Kalau berlatih hampir selalu di sini. Tapi harus sudah belajar dulu, baru latihan musik," ujar siswa kelas VII SMPN 7 Kota Bandung tersebut.

Pentingnya pendidikan inipun dibenarkan Rassya. Dia bersama tiga rekannya yang sudah bersahabat sejak di sekolah dasar selalu mendapat peringkat yang baik kelas.  "Dulu ketika di SD, kami selalu masuk peringkat lima besar," katanya.  (BY/A-1) 

Baca Juga

MI/Supardji Rasban

Hasil Tracking, Pejabat Brebes Positif Covid-19 Bertambah

👤Supardji Rasban 🕔Kamis 26 November 2020, 07:12 WIB
Hasil tracking pejabat di lingkungan Pemkab Brebes terkonfirmasi positif covid-19 usai tour Bromo-Malang, bertambah dari 10 orang...
MI/Tosiani

Membuat Hantaran Jadi Peluang Bisnis Baru di Temanggung

👤Tosiani 🕔Kamis 26 November 2020, 06:47 WIB
Di tengah lesu bisnis di Kabupaten Temanggung akibat covid-19, kini para pelaku UMKM menggeluti bisnis membuat hantaran untuk...
Ilustrasi

Akumulatif Pasien Positif Covid-19 di Klaten 1.648 Orang

👤Djoko Sardjono 🕔Kamis 26 November 2020, 06:23 WIB
Jumlah pasien terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah terus bertambah. Hingga saat ini jumlah akumulatif...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya