Kamis 22 Oktober 2020, 17:19 WIB

Kejagung Tindak Lanjuti Investigasi TGPF Intan Jaya

Tri subarkah | Politik dan Hukum
Kejagung Tindak Lanjuti Investigasi TGPF Intan Jaya

Dok.MI
Ilustrasi

 

KEJAKSAAN Agung akan menindaklanjuti hasil investigasi tim gabungan pencari fakta (TGPF) terkait kekerasan dan penembakan di Kabupaten Intan Jaya, Papua. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Hari Setiyono.

"Apa yang disampaikan oleh Pak Menko Polhukam akan kami tindak lanjuti sesuai dengan kewenangan masing-masing," kata Hari kepada mediaindonesia.com, Kamis (22/10).

Menurut Hari, apabila hasil investigasi TGPF Intan Jaya menyangkut tindak pidana umum, maka pihaknya akan mendukung pihak kepolisian untuk mengusutnya. Bentuk dukungan itu dimaksudkan agar pengusutan kasus tersebut dapat sampai ke tingkat penuntutan.

"Tentunya jika itu menyangkut tindak pidana umum, maka kami akan secara intensif untuk men-support penyidik Polri mengungkap perkara tersebut agar berhasil di penuntutan," ujarnya.

Hari sendiri menjelaskan bahwa salah satu anggota Korps Adhyaksa masuk ke dalam TGPF Intan Jaya. Anggota yang dimaksud Hari adalah Arif yang menjabat Direktur Ideologi Politik, Pertahanan, dan Keamanan Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen Kejagung. Arif merupakan satu dari 18 anggota tim investigasi lapangan.

Sebelumnya, Menko Polhukam Mahfud MD telah mengumumkan hasil investigasi TGPF terkait kasus penembakan Pendeta Yeremia Zanambani. Berdasarkan hasil investigasi, penembakan terhadap Pendeta Yeremia dilakukan oleh aparat keamanan.

"Sejauh menyangkut tindak pidana yang menyangkut kekerasan dan pembunuhan, pemerintah meminta kepolisian dan kejaksaan menyelesaikan sesuai dengan hukum yang berlaku tanpa pandang bulu," tegas Mahfud. (OL-4)

Baca Juga

Dok.MI

Polri Usut Kasus Video Tik-tok Hina Jokowi dan Puan

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Selasa 24 November 2020, 21:01 WIB
Video yang diunggah akun TikTok @acygacalfarucha, menyebut Jokowi dan Puan adalah keturunan...
MI/CAHYA MULYANA

Rakyat Majemuk Jadikan Indonesia Pilih Demokrasi

👤Cahya Mulyana 🕔Selasa 24 November 2020, 20:45 WIB
Demokrasi sering menghadapkan dua hal yang sama-sama diperlukan tetapi...
Puspenkum Kejagung

Jaksa Agung: Berikan Efek Jera di Sektor Ekonomi Pelaku Korupsi

👤Golda Eksa 🕔Selasa 24 November 2020, 20:08 WIB
Aparat penegak hukum (APH) sejatinya mulai menyesuaikan orientasi penegakan hukum yang selama ini...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya