Kamis 22 Oktober 2020, 01:48 WIB

UT Gelar RTM Perkuat Sistem Pembelajaran Berbasis IT

Syarief Oebaidillah | Humaniora
UT Gelar RTM Perkuat Sistem Pembelajaran Berbasis IT

DOk. UT
RTM UT

 

UNIVERSITAS Terbuka (UT) sebagai perguruan tinggi negeri yang konsisten menerapkan sistem penjaminan mutu internal, secara periodik menggelar Rapat Tinjauan Manajemen (RTM).

Pada t2019 RTM difokuskan dalam bidang Manajemen Pembelajaran Jarak Jauh (MPJJ), maka tahun ini RTM berfokus pada bidang operasional.

Di tengah suasana Pandemi Covid-19, RTM digelar secara daring berlangsung tiga hari pada 19-21 Oktober 2020 di gedung UTCC, kampus UT Pondok Cabe, Tangerang Selatan , Banten. Adapun tema RTM tentang Penguatan Sistem Pembelajaran Berbasis IT Menuju UT Siber

Rektor UT Ojat Darojat mengemukakan tujuan pelaksanaan RTM guna meninjau hasil implementasi sistem manajemen mutu dalam kurun waktu tertentu. Peserta RTM meliputi unsur pimpinan dari UT Pusat dan pimpinan di 39 Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ-UT) di seluruh Indonesia.

Guna menjamin penerapan protokol kesehatan maka hanya beberapa pimpinan dalam jumlah terbatas hadir di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC), sedangkan peserta lain dari Kantor UT Pusat dan UPBJJ) mengikuti secara daring.

Pada hari pertama RTM hadir narasumber eksternal Plt. Sekretaris Kementerian Riset dan Teknologi/ Sekretaris Utama Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) Dr. Mego Pinandito

Dalam sambutannya, Rektor UT Ojat Darojat,memberikan pengarahan diantaranya tentang digital ecosystem pendidikan, UT Cyber, dan persiapan UT bertransformasi dari Badan Layanan Umum (BLU) menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH).

Baca juga : Jelang Sumpah Pemuda, BEM Nusantara Gelar Konsolidasi

"Di usianya ke-36 tahun UT terus berupaya mengembangkan perannya sebagai cyber university. Sebagai pelopor pendidikan terbuka dan jarak jauh UT dituntut untuk terus memodernisasi diri melalui peningkatan kapasitas dan perbaikan kualitas layanan akademik, " kata Ojat Darojat.

Dikatakan berbagai terobosan dan inovasi dilakukan UT diantaranya menyediakan modus pembelajaran berbasis web atau tutorial webinar sebagai salah satu modus resmi layanan tutorial bagi mahasiswa UT. Inovasi lainnya, yaitu penerapan sistem ujian online berbasis web yang dilengkapi dengan aplikasi berbasis online proctoring dan semi online proctoring.

Plt. Sekretaris Kementerian Riset dan Teknologi/Sekretaris Utama Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) Mego Pinandito menyatakan UT sebagai pelopor PJJ di Indonesia mempunyai keunggulan yang harus terus dkembangkan.

"Kekuatan UT dengan prodi beragam ,memiliki mahasiswa terbesar dari seluruh Indonesia secara kuantitas, mesti terus tingkatkan pelayanan dan kualitasnya, " kata Mego Pinandito.

Mego juga menyambut baik upaya UT dari PTN Badan Layanan Umum ( BLU) menjadi PTN Berbadan Hukum ( BH).

"Nantinya jika menjadi PTN.BH maka UT akan naik kelas. Nah konsekuensinya kualitas UT mesti lebih.baik dan lebih mandiri.Kami dari Kemenristek siap berkolaborasi dengan kegiatan riset mencetak SDM unggul sesuai visi misi Presiden RI, " tandas Mego.(OL-7)

Baca Juga

MI/ PERMANA

Sumi Yang Pesan Keberagaman melalui Metro Xin Wen

👤Faustinus Nua 🕔Rabu 25 November 2020, 02:00 WIB
MASYARAKAT Indonesia yang majemuk, dengan banyak suku bangsa, agama, dan ras, menjadi tantangan yang harus selalu dijaga setiap...
Yoseph Pencawan

Audisi Rektor, Dekan Fisip USU Paparkan Program

👤(PS/YP/H-3) 🕔Rabu 25 November 2020, 00:45 WIB
PROSES penjaringan calon Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) memasuki tahapan pemaparan program kerja,...
 ANTARA FOTO/Makna Zaezar/wsj.

Wisata Berbasis Ekosistem Gambut

👤 (SS/H-1) 🕔Rabu 25 November 2020, 00:35 WIB
JASA lingkungan, khususnya ekowisata, potensial untuk dikembangkan di ekosistem gambut dengan menyinergikan pengelolaan ekosistem...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya