Kamis 22 Oktober 2020, 00:25 WIB

Waspadai Efek La Nina di Wilayah Barat Sumsel

Dwi Apriani | Nusantara
Waspadai Efek La Nina di Wilayah Barat Sumsel

ANTARA
Ilustrasi banjir bandang

 

BADAN Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat di bagian barat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) untuk mewaspadai efek perubahan cuaca akibat fenomena La Nina. Adapun daerah tersebut diantaranya Lahat, Pagaralam, sebagian Muara Enim, Muratara, Empat Lawang, dan sebagian OKU Selatan.

Kasi Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Klas I Kenten Palembang Nandang Pangaribowo menerangkan, secara umum wilayah Sumsel masih dalam masa musim pancaroba karena angin muson Timur (Australia) masih cukup dominan. Namun dampak La Nina sendiri tidak siginifikan bagi Sumatera Selatan.

"Curah hujan bertambah tetap ada katena musim peralihan masih berlangsung sehingga sebagian wilayah Sumsel masuki awal musim penghujan. Ditambah kondisi Indonesia memasuki fenomena La Nina, pada  November wilayah Sumsel curah hujan meningkat," ungkap Nandang, Rabu (21/10).

Pihaknya juga telah memberikan peringatan dini kepada wilayah Sumsel bagian barat untuk mewaspadai curah hujan yang tinggi pada November. Prediksi La Nina akan berlangsung hingga akhir 2020. "Seiring kenaikan curah hujan, La Nina berpotensi meningkatkan risiko banjir, membuat lahan pertanian terendam, pohon tumbang, dan longsor," jelasnya.

Ia mengimbau warga sekitar sungai dan daerah tanah yang labil di Sumsel bagian barat agar berhati-hati. Sedangkan warga yang tinggal di daerah rawan genangan air karena dekat dengan sungai seperti Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir, Palembang, dan OKU. "Karena di daerah tersebut berpotensi hujan dan petir yang disertai angin kencang," pungkasnya. (R-1)

Baca Juga

DOK USU

Dua Mengundurkan Diri, Empat Orang Ikuti Audisi Calon Rektor USU

👤Puji Santoso 🕔Selasa 24 November 2020, 17:06 WIB
Empat kandidat calon rektor akan memaparkan program kerja sesuai dengan visi dan misi USU apabila terpilih sebagai rektor USU periode...
DOK MI

Pemkab Sukabumi Serahkan Bantuan 1.315 Rapid Test Kit

👤Benny Bastiandy 🕔Selasa 24 November 2020, 16:54 WIB
Pelaksanaan Pilkada yang bersamaan pandemi covid-19, harus memberikan rasa aman dan nyaman. Tak hanya bagi penyelenggara, tapi juga kepada...
DOK PEMPROV BANTEN

Provinsi Banten Peringkat Atas Pencegahan Korupsi

👤mediandonesia.com 🕔Selasa 24 November 2020, 16:54 WIB
Koordinasi Gubernur Banten terhadap kebijakan yang diambil sebagai bentuk...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya