Rabu 21 Oktober 2020, 21:00 WIB

Aplikasi LAjobs Upaya Pemkab Lamongan Gairahkan Ekononmi

M Yakub | Nusantara
Aplikasi LAjobs Upaya Pemkab Lamongan Gairahkan Ekononmi

MI/Ahmad Yakub
Bupati Lamongan Fadeli meluncurkan aplikasi lajobs-disnakerlamongan.com sebagai upaya membangkitkan ekonomi setempat.

 

DINAS Tenaga Kerja Pemerintah Kabupaten Lamongan, Jawa Timur meluncurkan website info lowongan kerja, LAjobs-disnakerlamongan.com. Aplikasi ini mendapat respon positif dari kalangan pengusaha dan industri di kawasan setempat. Terbukti dengan diluncurkannya aplikasi ini setidaknya telah diikuti lebih dari 1.500 peserta dengan menyediakan 1.000 lowongan kerja dari 25 perusahaan partisipan.

Aplikasi lajobs-disnakerlamongan.com ini juga diharapkan menjadi solusi pemutusan hubungan kerja (PHK) buruh di tengah pandemi korona. Launching dilakukan oleh Bupati Fadeli bersama Kepala Disnaker Lamongan Hamdan Azahari, serta Rektor Unisla Bambang Eko Mulyono sekaligus membuka Job Marker Fair (JMF) 2020 di Gedung lantai 4 Universitas Lamongan.

Melalui LAjobs, Fadeli berharap para pencari kerja dapat dipertemukan dengan perusahaan yang diinginkannya melalui IT, pun begitu pula  sebaliknya.

"Terimakasih atas upaya perusahaan dalam menjemput bola, untuk para pekerja jangan menyerah untuk berjuang. Ditengah pandemi seperti sekarang ini terjadi PHK hampir disetiap daerah. Oleh karenanya kegiatan semacam ini (JMF) akan membuka peluang lebar kepada para pencaker," ungkap Fadeli, Rabu (21/10).

Fadeli menambahkan, tingkat pengangguran terbuka tercatat 4 persen pada akhir tahun 2019, oleh karenanya pemerintah terus berupaya pulihkan ekomoni di Kabupaten Lamongan.

"Ekonomi harus tetap berkembang. Agar masyarakat dapat bekerja dengan aman. Dengan inovasi ini (LAjobs) dapat menjembatani dan mengurangi angka pengangguran," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Disnaker Kabupaten Lamongan Hamdan Azahari menambahkan, JMF yang diadakan kali ini merupakan semangat untuk memberikan peluang kepada para pencari kerja di Kabupaten Lamongan ditengah pandemi korona.

"Untuk pertama kalinya, JMF diadakan di tengah pandemi Covid-19. Ini merupakan satu-satunya bursa kerja terbuka yang dilakukan di Jawa Timur. Artinya apa? Bahwa semangat memberikan peluang pekerjaan untuk para pencari kerja masih sangat terbuka di Kabupaten Lamongan," terang Hamdani.

Selain meluncurkan website LAjobs, kata dia, Disnaker juga memiliki 10 pelatihan kerja di BLK. Di antaranya, pelatihan service roda 2, roda 4, teknik pengelasan, teknik pendingin, tata boga , tata rias dan menjahit serta menjaga hubungan industrial.

Hamdani juga menjelaskan, pada tahun ini akan ada pelatihan labsa (laboratorium bahasa) yang dapat dimanfaatkan, terutama untuk TKI/TKW agar tidak ada lagi kendala bahasa.

Kegiatan yang diikuti lebih dari 1.500 peserta ini menyediakan 1.000  lowongan kerja dari 25 perusahaan partisipan. Di antaranya,  PT. Builyet (sepatu), PT. OLYMPIC PLASTINDO, PT.City Plum ( kran air), PT. BMI (pengepakan udang/cold storage), Indomarco (retail), Alfamart (retail), serta PT. CIMB Niaga.(OL-13)

Baca Juga: Lonjakan Kasus Covid-19, Irlandia Kewalahan Melacak

Baca Juga

MI/Supardji Rasban

Hasil Tracking, Pejabat Brebes Positif Covid-19 Bertambah

👤Supardji Rasban 🕔Kamis 26 November 2020, 07:12 WIB
Hasil tracking pejabat di lingkungan Pemkab Brebes terkonfirmasi positif covid-19 usai tour Bromo-Malang, bertambah dari 10 orang...
MI/Tosiani

Membuat Hantaran Jadi Peluang Bisnis Baru di Temanggung

👤Tosiani 🕔Kamis 26 November 2020, 06:47 WIB
Di tengah lesu bisnis di Kabupaten Temanggung akibat covid-19, kini para pelaku UMKM menggeluti bisnis membuat hantaran untuk...
Ilustrasi

Akumulatif Pasien Positif Covid-19 di Klaten 1.648 Orang

👤Djoko Sardjono 🕔Kamis 26 November 2020, 06:23 WIB
Jumlah pasien terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah terus bertambah. Hingga saat ini jumlah akumulatif...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya