Rabu 21 Oktober 2020, 20:20 WIB

Warga Bangkalan Mulai Disiplin Laksanakan Prokes

Mohammad Ghazi | Nusantara
Warga Bangkalan Mulai Disiplin Laksanakan Prokes

Antara
Hukuman push up bagi pelanggar prokes.

 

GENCARNYA razia yustisi oleh Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, berhasil meningkatkan kedisiplinan warga untuk mematuhi protokol kesehatan (prokes) di wilayah tersebut.

Sejumlah pertokoan dan kafe menerapkan jaga jarak dan mewajibkan pengunjungnya memakai masker serta menyediakan sarana cuci tangan. Warga yang keluar rumah juga banyak menggunakan masker.

Menurut Kapolres Bangkalan, Ajun Komisaris Besar (AKB) Rama Samtama Putra, kedisiplinan warga dan pelaku usaha menerapkan prokes itu juga ditunjukkan dengan menurunnya angka pelanggaran pada setiap kegiatan razia prokes yang digelar bersamaan dengan operasi yustisi.

"Saat ini jumlah pelanggaran rata-rata hanya tiga kasus perhari dari sebelumnya yang mencapai belasan kasus perhari," kata AKB Rama Samtama, Rabu (21/10).

Kapolres mengatakan, awalnya operasi prokes memdapat tantangan, terutama para pemilik kafe dan rumah makan. Sebab, tidak mungkin mereka mewajibkan pengunjungnya tetap memakai masker.

Namun, kata Kapolres, pihak Gugus Tugas menjelaskan bahwa prokes bukan hanya kewajiban memakai masker. Melainkan juga jaga jarak dan menyediakan hand sanitizer.

"Khusus untuk kafe, warung dan rumah makan, mereka cukup menyediakan sarana cuci rangan yang layak dan mengatur jarak duduk pengunjung. Selain itu mematuhi jam tutup usaha, yakni jam 21.30 WIB," jelas Kapolres.

Operasi yustisi, jelas dia, akan teris digelar untuk meningkarkan kedisiplinan warga untuk menerapkan prokes. Razia dilakukan tanpa pemberitahuan dan lokasinya berpindah-pindah.

"Menjadikan satu kebiasaan, salah satunya harus dipaksa. Ini adalah jalan untuk  sebuah kebiasaan baru," kata Kapolres. (OL-13)

Baca Juga: Lonjakan Kasus Covid-19, Irlandia Kewalahan Melacak

Baca Juga

ANTARA/Andreas Fitri Atmoko

Ditemukan Jejak Macan di Merapi

👤Agus Utantoro 🕔Selasa 24 November 2020, 13:05 WIB
Pekerja proyek perbaikan jalan akses pengungsian Singlar-Ngancar Kalurahan Glagaharjo, Kapanewon Cangkringan, Kabupaten Sleman menemukan...
Istimewa

Pemuda Pancasila Imbau Jangan Pasang Baliho Provokatif

👤Bagus Suryo 🕔Selasa 24 November 2020, 12:55 WIB
Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila di Kabupaten Malang, Jawa Timur mengimbau masyarakat jangan ikut-ikutan memasang...
Ilustrasi

RS Penuh, Sejumlah Daerah Siapkan Alternatif Lokasi Karantina

👤Lilik Darmawan 🕔Selasa 24 November 2020, 12:47 WIB
Untuk mengantisipasi lonjakan kasus covid-19, Pemkab Banyumas tengah mencari hotel untuk merawat, dan di Purbalingga disiapkan eks Gedung...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya