Rabu 21 Oktober 2020, 20:00 WIB

Lonjakan Kasus Covid-19, Irlandia Kewalahan Melacak

Mediaindonesia.com | Internasional
Lonjakan Kasus Covid-19, Irlandia Kewalahan Melacak

AFP/PAUL FAITH
Polisi yang mengenakan masker dan membawa baton bersiap menghadapi demonstran yang diberlakukan pemerintah Irlandia.

 

Irlandia kewalahan dengan sistem pelacakan covid-19 akibat lonjakan kasus. Mereka yang terinfeksi diminta agar mengindentifikasi sendiri kontak dekat mereka dan memberitahu layanan kesehatan setempat untuk dilakukan tes, menurut pejabat.

Baca juga : https://mediaindonesia.com/read/detail/351848-irlandia-laporkan-kasus-covid-19-tertinggi-dalam-sehari

Pemerintah awal tahun ini mempekerjakan ratusan orang untuk segera menghubungi mereka yang terbukti positif covid-19, mengindentifikasi kontak dekat dan memberitahu mereka agar melakukan isolasi dan tes.

Namun lonjakan infeksi, yang hampir tiga kali lipat dari rata-rata kasus lima hari di Irlandia sejak awal Oktober menjadi hanya di bawah 1.200 per hari. Hal itu menandakan tidak adanya lagi petugas yang cukup untuk melakukan panggilan wajib, demikian pernyataan Eksekutif Layanan Kesehatan pada Rabu (21/10).

"Kami menyaksikan permintaan yang belum pernah terjadi sebelumnya di pusat pelacakan kontak dengan perkembangan ekponensial jumlah kasus dan selama sepekan kami tidak bisa menjangkau semua orang," kata pimpinan Niamh O'Beirne kepada radio RTE.

Sebagian besar dari mereka, yang diinformasikan soal infeksi pada Jumat, Sabtu dan Minggu akan diminta untuk mengidentifikasi dan menghubungi kontak dekat mereka sendiri serta menyarankan mereka untuk mengisoalasi diri dan bertanya pada dokter mereka soal prosedur tes gratis, katanya.

Eksekutif Layanan Kesehatan, yang berencana menambah 400 orang dari 400 staf saat ini, mengatakan sistem normal dilanjutkan untuk mereka yang diberitahu soal infeksi pada Senin.

Akibat peningkatan kasus, Irlandia pada Senin memberlakukan sejumlah pembatasan covid-19 terketat di Eropa, menutup kios ritel yang tidak terlalu penting, dan restoran serta membatasi perjalanan yang tak perlu.

Irlandia pada Selasa berada di peringkat ke-13 dari 31 negara yang dipantau oleh Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa, dengan 253 kasus per 100.000 orang selama 14 hari terakhir. (Ant/OL-12)

 

Baca Juga

AFP/	TED ALJIBE

2021, Filipina Targetkan 60 Juta Warga Divaksinasi Covid-19

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Selasa 24 November 2020, 14:50 WIB
Salah satu perusahaan yang berbasis di Inggris, AstraZeneca berkomitmen untuk dapat memasok hingga 20 juta vaksin ke...
AFP/John Cairns

UNICEF Gandeng 350 Mitra untuk Program Distribusi Vaksin Covid-19

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Selasa 24 November 2020, 14:37 WIB
UNICEF akan mengoordinasikan pembelian dan pengiriman untuk 92 negara berpenghasilan rendah dan menengah ke bawah secepat dan seaman...
Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden

Luhut: AS Puji Kepemimpinan Jokowi di Masa Pandemi

👤Despian Nurhidayat 🕔Selasa 24 November 2020, 14:29 WIB
Bahkan, kebijakan pemerintahan Jokowi dinilai layak menjadi contoh bagi negara lain. Pandangan pemerintah AS disampaikan ke Luhut saat...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya