Rabu 21 Oktober 2020, 17:33 WIB

DPR Optimistis Target Partisipasi Pemilih Pilkada 2020 Tercapai

Putra Ananda | Politik dan Hukum
DPR Optimistis Target Partisipasi Pemilih Pilkada 2020 Tercapai

Antara/Muhammad Iqbal
Simulasi pelaksanaan Pilkada 2020

 

PILKADA serentak 2020 dilaksanakan di tengah pandemi covid-19. Hal tersebut menimbulkan keraguan terkait partisipasi pemilih dalam pilkada serentak 2020 dibandingkan pilkada-pilkada sebelumnya. Komisi Pemilihan Umum (KPU) sendiri sudah menetapkan target partisipasi pemilih pilkada serentak 2020 sebesar 77 persn.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia meyakini bahwa partisipasi pemilih dalam pilkada serentak tetap bisa tinggi walau dilaksanakan di tengah pandemi. Tingginya partisipasi pemilih dapat menjadi salah satu indikator kualitas pelaksanaan pilkada.

"Kita punya benchmark sebetulnya di tahun 2019 kan rata-rata (partisipasi) 83 persen secara nasional, walaupun enggak bisa kita bandingkan apple to apple karena antusiasme masyarakat terhadap Pilpres lebih tinggi dibandingkan pilkada. Namun saya kira target 77 persen itu realistis, tetapi juga harus didukung oleh kerja keras kita semua," terang Doli di Jakarta, Rabu (21/10).

Menurut Doli, untuk meningkatkan partisipasi pemilih perlu bantuan dari Pemerintah Daerah (Pemda) untuk bergerak bersama KPU dan Bawaslu meyakinkan masyrakat menggunakan hak pilihnya. Ketiga lembaga tersebut dikatakan oleh Doli juga harus memastikan bahwa masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya dengan aman dan nyaman.

"Masyarakat merasa bahwa TPS itu tempat yang bersih dan aman. Itu juga perlu ada sosialisasi," tegasnya.

Baca juga : KPU Pandeglang Cek Kesiapan Metro TV Siarkan Debat Publik

Doli menambahkan, penyelenggaraan pilkada di tengah pandemi covid-19 wajib dilakukan dengan menerapkan adaptasi terhadap kebiasaan-kebiasaan baru. Salah satunya penerapan protokol kesehatan yang ketat. Dengan begitu kualitas pilkada tetap terjaga sehingga masyarakat tidak perlu khawatir dalam menggunakan hak pilihnya.

"Semua tahapan berjalan dengan baik dan tingkat partisipasi tinggi, tetapi kita semua harus selamat dan aman, baik pemilih maupun penyelenggaranya,” pungkasnya.

Menurut Doli, pelaksanaan tahapan pilkada serentak sejauh ini berjalan aman dan lancar. Saat ini proses tahapan berada di tahapan kampanye. Tersisa empat tahapan lagi yang perlu dilalui. Tahapan itu yakni, tahapan pemilihan, rekapitulasi, penetapan dan perselisihan penetapan pilkada.

"Nah, sejauh ini saya kira hampir 80 persen semua tahapan sudah berjalan,” katanya.(OL-7)

Baca Juga

Dok.MI

Polri Usut Kasus Video Tik-tok Hina Jokowi dan Puan

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Selasa 24 November 2020, 21:01 WIB
Video yang diunggah akun TikTok @acygacalfarucha, menyebut Jokowi dan Puan adalah keturunan...
MI/CAHYA MULYANA

Rakyat Majemuk Jadikan Indonesia Pilih Demokrasi

👤Cahya Mulyana 🕔Selasa 24 November 2020, 20:45 WIB
Demokrasi sering menghadapkan dua hal yang sama-sama diperlukan tetapi...
Puspenkum Kejagung

Jaksa Agung: Berikan Efek Jera di Sektor Ekonomi Pelaku Korupsi

👤Golda Eksa 🕔Selasa 24 November 2020, 20:08 WIB
Aparat penegak hukum (APH) sejatinya mulai menyesuaikan orientasi penegakan hukum yang selama ini...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya