Rabu 21 Oktober 2020, 11:11 WIB

Jokowi Jadi Nama Jalan di UEA, Kehormatan untuk Indonesia

Anggitondi Martaon | Internasional
Jokowi Jadi Nama Jalan di UEA, Kehormatan untuk Indonesia

Instagram @jokowi
Jalan Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab

 

PEMBERIAN nama jalan Presiden Joko Widodo di Uni Emirat Arab (UEA) merupakan sebuah kehormatan bagi Indonesia. Sebab, tidak semua pemimpin negara lain memperoleh perlakuan serupa yang diberikan UEA.

"Tidak banyak pemimpin atau tokoh lain yang mendapatkan kehormatan semacam ini," kata Anggota Komisi I DPR Willy Aditya, Rabu (21/10).

Wakil Ketua Fraksi NasDem itu mengungkapkan, pemberian itu bukan sembarangan. Menurutnya, hal itu merupakan buah dari kerja sama yang terjalin antara kedua negara, terutama Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan UEA.

Baca juga: Jokowi Terima Surat Kepercayaan Sejumlah Dubes Negara Sahabat

"Saya kira itu karena hubungan yang sudah terjalin lama antara beliau dengan pemerintah UEA. Setahu saya, bahkan sejak Pak Jokowi menjadi Wali Kota Solo," ungkap dia.

Hubungan itu semakin mesra setelah Jokowi menjabat sebagai Presiden Indonesia. Hal itu terlihat dari beberapa kerja sama kedua negara.

Berbagai investasi UEA masuk ke Indonesia. Di antaranya pembangunan pembangkit listrik di Cirata Jawa Barat dan penyertaan Putra Mahkota Sheikh Mohamed bin Ziyad sebagai Anggota Dewan Pengarah pembangunan Ibu Kota Baru Indonesia.

Selain investasi, Indonesia dan UEA menjalin kerja sama di bidang keagamaan, pendidikan, pertanian, kesehatan, dan penanggulangan terorisme.

"Ini (kerja sama bidang keagamaan, pendidikan, pertanian dan kesehatan) ditandai dengan kunjungan Pak Jokowi ke UEA awal tahun ini," sebut dia.

Dia tidak sepakat jika pemberian nama jalan tersebut sebagai kado UEA terhadap kinerja Jokowi selama menjadi Presiden Indonesia. Suatu negara tidak memiliki hak menilai kinerja seorang kepala pemerintahan di negara lainnya.

"Jadi apa yang diberikan oleh UEA ya lebih tepat disebut sebagai penghargaan dan penghormatan dalam konteks hubungan bilateral dan kerja sama yang telah dilakukan kedua negara selama ini," ujar dia.

Pemerintah UEA mengabadikan nama Presiden RI Joko Widodo sebagai salah satu nama jalan di Abu Dhabi. Jalan tersebut terletak di lokasi strategis, antara Abu Dhabi National Exhibition Center dan Embassy Area, kawasan yang menjadi pusat kantor perwakilan diplomatik.

Nama President Joko Widodo Street diresmikan anggota sekaligus Chairman Abu Dhabi Executive Office, Sheikh Khalid bin Mohammed bin Zayed Al Nahyan pada Senin (19/10). (OL-1)

Baca Juga

AFP/	TED ALJIBE

2021, Filipina Targetkan 60 Juta Warga Divaksinasi Covid-19

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Selasa 24 November 2020, 14:50 WIB
Salah satu perusahaan yang berbasis di Inggris, AstraZeneca berkomitmen untuk dapat memasok hingga 20 juta vaksin ke...
AFP/John Cairns

UNICEF Gandeng 350 Mitra untuk Program Distribusi Vaksin Covid-19

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Selasa 24 November 2020, 14:37 WIB
UNICEF akan mengoordinasikan pembelian dan pengiriman untuk 92 negara berpenghasilan rendah dan menengah ke bawah secepat dan seaman...
Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden

Luhut: AS Puji Kepemimpinan Jokowi di Masa Pandemi

👤Despian Nurhidayat 🕔Selasa 24 November 2020, 14:29 WIB
Bahkan, kebijakan pemerintahan Jokowi dinilai layak menjadi contoh bagi negara lain. Pandangan pemerintah AS disampaikan ke Luhut saat...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya