Selasa 20 Oktober 2020, 19:22 WIB

Tanah Longsor Rusak Rumah Warga di Lembang

Depi Gunawan | Nusantara
Tanah Longsor Rusak Rumah Warga di Lembang

ANTARA
Ilustrasi

 

PERISTIWA tanah longsor terjadi di Desa Sukajaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Selasa (20/10) sore. Akibatnya, sebuah rumah warga di RT 3 RW 11 Kampung Barunagri rusak berat tertimpa reruntuhan tebing setinggi 15 meter yang longsor.

Selain menyebabkan satu rumah rusak berat, longsor juga mengancam dua rumah di sebelahnya. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

"Kejadiannya sekitar jam 16.30 WIB. Longsor diakibatkan saluran air yang bocor, tumpukan sampah ditambah hujan yang sangat deras," kata Andri, seorang warga.

Longsoran tanah yang menerjang membuat tembok sepanjang 3 meter dan tinggi 2 meter ambrol. Warga yang mengetahui longsor langsung melaporkan kejadian itu kepada tetangga.

Pascakejadian, Andri mengatakan, seluruh penghuni rumah langsung mengungsi sebab potensi longsor diperkirakan masih bisa terjadi mengingat hujan masih turun di sekitar lokasi. Tidak hanya itu, para tetangga pun sudah diimbau mengosongkan rumah untuk menghindari kejadian susulan.

"Kondisi tanah masih labil. Untuk sementara mengungsi ke rumah tetangga. Untuk kerugian belum bisa dihitung, yang jelas baru tembok rumah jebol, sedangkan barang-barang lainnya masih aman," bebernya.

Babinsa Desa Sukajaya, Sertu Anggono menyebutkan, terdapat dua kampung rawan longsor pada saat musim hujan yaitu Barunagri dan Cipariuk. "Dua kampung itu dikategorikan rawan bencana. Kami imbau warga selalu siap siaga mengingat curah hujan saat ini cukup tinggi," ucap Anggono di lokasi. (R-1)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

Bareskrim Selidiki Dugaan Cagub Sumbar Curi Start Kampanye

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Selasa 24 November 2020, 17:09 WIB
Pasangan calon gubernur Sumbar, Mulyadi-Ali Mukhni melakukan kampanye di luar jadwal melalui sebuah tayangan di program televisi nasional...
DOK USU

Dua Mengundurkan Diri, Empat Orang Ikuti Audisi Calon Rektor USU

👤Puji Santoso 🕔Selasa 24 November 2020, 17:06 WIB
Empat kandidat calon rektor akan memaparkan program kerja sesuai dengan visi dan misi USU apabila terpilih sebagai rektor USU periode...
DOK MI

Pemkab Sukabumi Serahkan Bantuan 1.315 Rapid Test Kit

👤Benny Bastiandy 🕔Selasa 24 November 2020, 16:54 WIB
Pelaksanaan Pilkada yang bersamaan pandemi covid-19, harus memberikan rasa aman dan nyaman. Tak hanya bagi penyelenggara, tapi juga kepada...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya