Selasa 20 Oktober 2020, 18:45 WIB

Badan Narkotika Tasikmalaya Gerebek Rumah Berisi Tanaman Ganja

Adi Kristiadi | Nusantara
Badan Narkotika Tasikmalaya Gerebek Rumah Berisi Tanaman Ganja

MI/Amiruddin Abdullah
.

 

BADAN Narkotika Nasional (BNN) Pusat dan Badan Narkotika Nasional Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, menggerebek rumah yang berisi pohon ganja, Selasa (20/10), pukul 11.00 WIB. Hasilnya, petugas menemukan 45 pohon dalam polybag, termasuk benih.

Rumah itu milik Muslim, 50, warga Kampung Sisirah RT 04 RW 07, Desa Cibahayu, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya. Penggerebekan itu merupakan hasil laporan masyarakat tentang penanaman pohon ganja di polybag yang dilakukan sejak dua bulan lalu.

Berada di atas loteng lantai dua, pohon itu ditutupi terpal. Ukuran pohon beragam, dari 10, 15, 20, 30 sentimeter, hingga 1,5 meter. BNN juga menemukan biji pohon ganja yang siap tanam kembali di lokasi tersebut.

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tasikmalaya, Tuteng Budiman, mengatakan Muslim dibantu tiga pelaku lain. Keempatnya kini sudah ditahan.

"Memang pelaku ini sebagai pemakai, penjual, dan penanam yang sudah dilakukan bertahun-tahun. Akan tetapi, sebelum melakukan penanaman di dalam polybag, mereka pernah menanam ganja di lahan perkebunan. Kami masih terus melakukan pengembangan atas laporan tersebut. Namun, selama menanam Muslim juga menjualnya melewati tiga orang dengan pamasaran di wilayah Tasikmalaya, Ciamis, dan daerah lain," katanya, Selasa (20/10), di lokasi penggerebekan.

Muslim mengaku memakai ganja sejak kecil. Tapi, penjualan dan pemesanan yang dilakukan selama ini paling banyak di rumahnya. Ia menjualnya seharga Rp100 ribu dan Rp200 ribu.

Menurutnya, wilayah Tasikmalaya selama ini menjadi tempat perputaran ganja dan sabu. Pihaknya terus berupaya membersihkan daerah ini agar tidak terjadi peredaran barang haram. "Untuk pasal yang dikenakan 111 UU Nomor 35 Tahun 2009 dengan ancaman penjara seumur hidup," paparnya. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Bayu Pratama S

PMI Internasional Bantu APD Covid-19 Untuk Lapas di Kalsel

👤Denny Susanto 🕔Kamis 26 November 2020, 09:34 WIB
Komite Internasional Palang Merah memberikan bantuan alat kesehatan pencegahan (APD) Covid-19 kepada sejumlah lembaga pemasyarakatan...
MI/Agus Utantoro

GP Ansor dan Banser DIY Tolak Radikalisme dan Intoleransi

👤Agus Utantoro 🕔Kamis 26 November 2020, 09:31 WIB
"GP Ansor DIY tidak mau NKRI terpecah belah oleh orang-orang yang  berpikir pragmatis dan kelompok-kelompok garis keras dan...
MI/Apul Iskandar

Pemkot Pematangsiantar Bentuk Tim Desk Pilkada

👤Apul Iskandar 🕔Kamis 26 November 2020, 09:18 WIB
Pemkot Pematangsiantar membentuk Tim Desk untuk melakukan pemantauan, inventarisasi dan mengantisipasi permasalahan selama pilkada yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya