Senin 19 Oktober 2020, 13:54 WIB

Demo Omnibus Law, 131 Tersangka dan 69 Ditahan

Rahmatul Fajri | Megapolitan
Demo Omnibus Law, 131 Tersangka dan 69 Ditahan

Antara
Ilustrasi

 

POLDA Metro Jaya menetapkan 131 tersangka terkait aksi unjuk rasa demo menolak Omnibus Law UU Cipta Kerja yang berujung rusuh di Jakarta pada 8 dan 13 Oktober lalu.

Hal itu terkait dengan perusakan gedung kantor Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), perusakan mobil di Pejompongan, perusakan dan vandalisme oleh kelompok anarko, kasus ambulans di Cikini. Lalu, kasus penganiayaan anggota Ditreskrimsus Polda Metro Jaya dan anggota Polrestro Tangerang Kota, serta perusakan pos polisi.

"Sampai saat ini Polda Metro Jaya menetapkan 131 orang sebagai tersangka," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana di Polda Metro Jaya, Senin (19/10).

Baca juga : Napi Kabur, Cai Changpang Gantung Diri

Nana mengatakan dari 131 tersangka itu pihaknya telah melakukan penahanan terhadap 69 orang yang terbukti melakukan perusakan di sejumlah fasilitas umum dan pos polisi.

"Dari 131 orang, 69 dilakukan penahanan. Termasuk perkembangan terbaru menahan 20 orang yang merupakan terlibat kasus perusakan halte dan fasiltas umum, termasuk pos polisi dan fasilitas di sepanjang Jalan Sudirman," kata Nana.

Nana mengatakan para tersangka dijerat Pasal 212 KUHP dan atau Pasal 218 KUHP dan atau Pasal 170 KUHP dan atas Pasal 406 KUHP.

Lebih lanjut, Nana mengatakan pihaknya terus mendalami pihak yang menggerakkan perusuh pada aksi unjuk rasa itu yang didominasi para pelajar.

"Dalam hal ini penggerak pelajar, dari SMK, SMP, bahkan sampai SD, ada beberapa yang sudah kami identifikasi. Kami terus lakukan penyelidikan," ujar Nana. (OL-2)

 

Baca Juga

Medcom

Polisi Buru Sopir Trans-Jakarta Penabrak Motor di Jaktim

👤Siti Yona Hukmana 🕔Kamis 26 November 2020, 08:56 WIB
PT Transportasi Jakarta (Trans-Jakarta) belum buka suara terkait peristiwa ini. Sejatinya, perusahaan mengetahui seluruh pengemudi bus...
MI/ANDRI WIDIYANTO

Wagub DKI Sambut Positif FGD KPID

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Kamis 26 November 2020, 06:43 WIB
Ariza menyampaikan, digitalisasi penyiaran menjadi sebuah keniscayaan dan dianggap sebagai solusi untuk mengatasi keterbatasan dan tidak...
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/wsj.

Bansos Diperpanjang hingga 2021

👤(Put/J-2) 🕔Kamis 26 November 2020, 02:15 WIB
PEMBERIAN bantuan sosial kepada keluarga yang terdampak pandemi covid-19 akan diperpanjang hingga ta hun...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya