Senin 19 Oktober 2020, 08:49 WIB

KPU Sulawesi Tenggara Keluarkan 12 Aturan Baru Prokes Pilkada

mediaindonesia.com | Nusantara
KPU Sulawesi Tenggara Keluarkan  12 Aturan Baru Prokes Pilkada

ANTARA FOTO/Muhammad Iqba
Simulasi pemungutan suara pada Pilkada serentak dengan mengedepakan protokol kesehatan.

 

KPU Sulawesi Tenggara menyampaikan bakal memberlakukan 12 aturan baru di tempat pemungutan suara (TPS) guna mencegah potensi terjadinya klaster baru penyebaran Covid-19 saat pemungutan suara di Pilkada serentak 9 Desember 2020.

Ketua KPUD Sulawesi Tenggara, La Ode Muthalib di Kendari, Senin (19/10), mengatakan berdasarkan simulasi pemungutan suara oleh KPU beberapa waktu lalu, terdapat 12 aturan baru yang disepakati untuk diterapkan di TPS ketika pemungutan suara. Mengingat Pilkada 2020 dilaksanakan di tengah pandemi.
  
"Ke-12 hal baru tersebut pertama jumlah pemilih untuk di satu TPS maksimal 500 orang. Kedua para pemilih akan diatur kedatangannya ke TPS secara berkala," kata La Ode Muthalib.
  
Ketiga, anggota KPPS dipastikan sehat dan sebelum bertugas harus sudah mengikuti tes cepat Covid-9. Keempat sebelum dibuka, area TPS juga akan dilakukan penyemprotan disinfektan.
  
"Kelima, para pemilih sebelum melakukan pencoblosan wajib mencuci tangan. Keenam, para pemilih akan diukur suhu tubuhnya dengan thermo gun. Apabila memiliki suhu tubuh diatas 37,3 derajat celcius, akan dipisahkan di bilik khusus agar tidak terjadi kontak dengan pemilih lainnya," kata Muthalib.
  
Ketujuh, kata dia, baik petugas di TPS maupun para pemilih wajib menggunakan masker. Kedelapan, wajib memakai pelindung wajah. Sedangkan kesembilan, petugas nantinya akan membagikan sarung tangan sekali pakai untuk para pemilih. Ke-10, tinta pemilu pun tidak lagi dicelupkan, tetapi menggunakan tinta tetes.
  
"Ke-11, antarsemua pihak yang terlibat dalam pemungutan suara dan perhitungan suara akan diberlakukan pengaturan jarak aman minimal satu meter, dilarang berdekatan. Ke-12 tidak melakukan jabat tangan atau kontak fisik lainnya," terang La Ode Muthalib.

baca juga: Muslimatun-Amin Bangun Desa Sampai Wangun

Tahapan Pilkada 2020 saat ini masuk masa kampanye yang telah dimulai sejak 26 September 2020 akan berakhir 5 Desember 2020 atau terhitung selama 71 satu hari. Pemungutan suara akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020
  
Tujuh daerah di Sulawesi Tenggara yang dijadwalkan mencari pemimpin baru untuk periode berikut, yakni Kabupaten Muna, Kabupaten Kolaka Timur, Kabupaten Konawe Selatan, Kabupaten Buton Utara, Kabupaten Wakatobi, Kabupaten Konawe Utara, dan Kabupaten Konawe Kepulauan. (Ant/OL-3)

  

Baca Juga

MI/Dwi Apriani

Kasus Positif Turun Drastis, Muba Masuk Zona Oranye

👤Dwi Apriani 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 09:01 WIB
Kini Kabupaten Musi Banyuasin masuk zona oranye mulai 18 Oktober 2020. Hal ini didasari dengan makin turun kasus covid-19  dan...
MI/Lilik Darmawan

Nelayan Lakukan Efisiensi dengan Konversi di Masa Pandemi

👤Lilik Darmawan 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 08:37 WIB
"Jika dengan premium dibutuhkan 7-10 liter setiap harinya, dengan elpiji 3 kilogram, paling hanya 1-2...
MI/Amiruddin Abdullah Reubee

Unsyiah Perpanjang Kuliah Daring Sampai Desember

👤Amiruddin Abdullah Reubee 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 08:28 WIB
Masih tingginya kasus covid-19 di Aceh membuat Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh memperpanjang masa kuliah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya