Senin 19 Oktober 2020, 03:40 WIB

Berharap Bansos Bangkitkan Perekonomian Pulau Dewata

(RS/OL/N-2) | Nusantara
Berharap Bansos Bangkitkan Perekonomian Pulau Dewata

DOK KEMENSOS
BANSOS GERAKKAN PEREKONOMIAN NASIONAL: Menteri Sosial Juliari P Batubara mendampingi Ketua DPR Puan Maharani meninjau e-Warong Kube Sedana

 

BALI itu cantik di mata banyak pihak. Karena itu, ketika pandemi merebak, 'Pulau Dewata' mendapat perhatian khusus.

"Untuk kedua kalinya saya datang ke Bali. Wabah covid-19 sangat berdampak pada pariwisata yang menjadi andalan daerah dan penduduk di sini," ujar Menteri Sosial Juliari P Batubara, saat datang ke 'Pulau Dewata' bersama Ketua DPR RI Puan Maharani dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati, akhir pekan lalu.

Bali sudah mendapat kucuran bantuan sosial dari Kementerian Sosial hampir Rp1 triliun. Namun, Mensos menilai roda perekonomian daerah ini belum sepenuhnya bergerak, seperti yang diharapkan pemerintah dengan meluncurkan bansos.

"Lalu lintas sangat lancar. Beda dengan dulu. Kalau Bali normal butuh waktu lebih lama menuju suatu tempat, karena lalu lintasnya padat," papar Juliari.

Mensos mengakui sektor pariwisata sangat terpukul. Padahal sektor ini banyak menjadi gantungan hidup bagi industri kecil dan sektor rumah tangga.

Ia berharap, dengan dana yang disalurkan, penerima manfaat bisa segera membelanjakan ke warung terdekat. Demikian pula dengan bansos pangan, pasokan kemuditasnya bisa disediakan dari pemasok lokal.

"Dengan demikian, bansos bisa menimbulkan efek domino bagi perekonomian lokal. Kalau ini bisa terjadi di berbagai daerah di Tanah Air, akan mergerakkan ekonomi berskala nasional," tandasnya.

Ia memastikan pemerintah mengambil langkah serius mendorong pemulihan ekonomi, khususnya sektor pariwisata seperti di Pulau Bali. Bantuan sosial diyakini menjadi salah satu instrumen untuk menggairahkan perekonomian yang terdampak pandemi. (RS/OL/N-2)

Baca Juga

MI/Agus Utantoro

Amenitas Pariwisata Wajib Antisipasi Risiko Penyebaran Covid-19

👤Agus Utantoro 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 10:48 WIB
Cuti bersama dan liburan panjang harus diantisipasi agar tidak terjadi penyebaran virus covid-19 di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa...
MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI.

Indonesia Butuh Lab Mampu Periksa Sampel Uji Usap

👤Agus Utantoro 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 10:21 WIB
Politisi Partai NasDem Enggartiasto Lukita mengatakan, untuk menangani sebaran covid-19, Indonesia memerlukan lebih banyak lagi...
MI/Dwi Apriani

Santan Beku Sumut Mulai Dikapalkan ke Thailand

👤Yoseph Pencawan 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 09:45 WIB
Sumatra Utara memulai pengiriman santan beku di Thailand dengan nilai ekspor mencapai Rp2 miliar. Ini pertama kali ekspor kelapa dalam...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya