Senin 19 Oktober 2020, 02:30 WIB

PM Jacinda Ardern Segera Bentuk Pemerintahan

A Wahyu Kristianto | Internasional
PM Jacinda Ardern Segera Bentuk Pemerintahan

AFP
Perdana Menteri terpilih Selandia Baru, Jacinda Ardern, berbicara kepada media sehari setelah menang telak dalam pemilihan umum

 

PERDANA Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern menargetkan pemerintahan barunya akan terbentuk dalam tiga pekan. Hal itu menyusul kemenangan Partai Buruh pada pemilu Selandia Baru pekan ini.

Jacinda telah mengulurkan kemungkinan untuk membentuk pemerintahan koalisi meskipun mengamankan kemenangan pemilihan bersejarah yang akan memungkinkan partainya memerintah sendiri.

Warga Selandia Baru mengungkapkan kelegaan pada Minggu dalam pemilihan ulang setelah kampanye yang terasa lama dan melelahkan bagi banyak orang. Partai Ardern meraih persentase suara tertinggi dalam lebih dari lima dekade, mengklaim 64 kursi di parlemen. 

Penanganan terhadap krisis covid-19 dianggap sangat menentukan dalam kemenangannya. Saat Ardern langsung kembali ke pekerjaannya bertemu dengan anggota parlemen seniornya untuk minum kopi puluhan ribu warga Selandia Baru pergi ke Taman Eden di Auckland untuk menonton Piala Bledisloe kedua. 

Lebih jauh disoroti banyak kebebasan di negara itu pada saat kasus di Eropa dan AS melonjak. Namun, satu kasus lokal baru covid-19 memang muncul di Auckland pada Minggu, menghentikan tiga minggu berturut-turut ‘kebebasan’ di negara itu.

Akan tetapi, pada Minggu PM Ardern mengatakan butuh dua hingga tiga minggu untuk secara resmi membentuk pemerintahan setelah
pembicaraan dengan mitra koalisi potensial. Ardern mengatakan telah memberi tahu gubernur jenderal bahwa dia akan berada dalam posisi untuk membentuk pemerintahan segera.

“Kami akan segera menyelesaikan agenda kami, kami jelas memiliki mandat dari Selandia Baru,” kata Ardern. 

“Saya telah menjadi pembangun konsensus, tetapi saya juga harus bekerja dengan amanat yang kuat. Tenaga kerja telah diberikan.”

Ardern menyebutkan bakat baru yang masuk ke kaukus Persalinan, termasuk dokter umum, bidan, dan pakar penyakit menular, yang akan menginformasikan keputusannya tentang siapa yang akan mengambil alih portofolio penting tentang kesehatan.


Dipuji di seluruh dunia 

Kemenangan Ardern dipuji di seluruh dunia. Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, misalnya, men-tweet bahwa dia berharap bisa bekerja sama dengannya dalam hal perubahan iklim.

Wali Kota London Sadiq Khan mengatakan dia dan Ardern berbagi visi untuk masa depan yang inklusif, lebih adil, dan lebih hijau. Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau juga mengatakan dia berharap dapat be kerja sama dengan Ardern untuk memerangi perubahan iklim, memberdayakan perempuan dan anak perempuan di seluruh dunia, juga memastikan distribusi vaksin yang adil.

Di lain pihak, seorang ekonom, Peter Wilson, mengatakan para pemilih akan membutuhkan lebih banyak dari Ardern daripada tindakan terkait covid-19. “Para pemilih berterima kasih kepada Ardern karena telah menjaga negara aman dari covid-19. Mereka tidak akan melakukannya lagi,” ujarnya. 

“Tiga tahun ke depan ialah tentang pemulihan ekonomi dan cara pemerintah menghadapinya, tantangan yang sangat berbeda dan
bisa dibilang lebih sulit.” (The Guardian/I-1)

Baca Juga

Medcom

Serangan terhadap Sekolah di Kamerun, 8 Siswa Tewas

👤Faustinus Nua 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 06:24 WIB
PBB mengatakan serangan itu merupakan salah satu yang terburuk di wilayah tersebut hingga saat...
Dok : Reuters/Medcom.id

Kasus Covid-19 Prancis Lampaui 1 Juta

👤Nur/AFP/I-1 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 06:10 WIB
Pada Kamis, Prancis melaporkan rekor harian kasus baru sebanyak 41.622 dan jumlah pasien dalam perawatan intensif berada pada level...
AFP/Medcom.id

Jika Terpilih, Biden Janjikan Vaksin Covid-19 Gratis di AS

👤Nur/AFP/I-1 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 06:03 WIB
Lonjakan kasus terjadi kurang dari dua minggu sebelum pemilihan presiden yang akan berlangsung pada 3 November. Virus menghantam sejumlah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya