Senin 19 Oktober 2020, 01:35 WIB

Menghidupkan lagi Budaya Dongeng

MI | Humaniora
Menghidupkan lagi Budaya Dongeng

Tim MI

 

SEJAK maraknya penggunaan gawai di masyarakat, tak terkecuali anak-anak, aktivitas mendongeng mulai terlupakan. Padahal, mendongeng dapat memberikan dampak positif bagi anak, juga mempererat hubungan antara orangtua dan anak.

Berangkat dari keresahan tersebut, Emmanuella Mila berinisiatif untuk menghidupkan kembali kebiasaan mendongeng. Berbekal  kecintaannya mendongeng, Mila memutuskan keluar dari perusahaan tempatnya bekerja pada 2010 silam dan berkeliling ke panti asuhan, rumah singgah, dan sekolah-sekolah kolong langit untuk mendongeng.

“Dulu saya hidup dengan dongeng dari ayah saya. Nah, saya ingin menegenalkan lagi kebiasaan mendongeng kepada anak dan orangtua,” tutur Mila kepada Media Indonesia, Minggu (18/10).

Selain membawakan cerita rakyat Indonesia dan dongeng-dongeng dunia, Mila juga banyak menulis dongeng sendiri dan membacakannya kepada anakanak. Aktivitas Mila mendongeng ke berbagai tempat kemudian diunggahnya ke media sosial pribadinya.

Dari sana, banyak kawankawan dan bahkan orangorang yang tidak dikenalnya tertarik untuk bergabung mendongeng bersama Mila.
Dari situlah Komunitas Rumah Dongeng Pelangi terbentuk. Sejak 2010 silam, telah terkumpul sebanyak 200 relawan dari seluruh Indonesia bergabung bersama Mila di Rumah Dongeng Pelangi.

Selama pandemi covid-19, Rumah Dongeng tetap eksis dengan jalan-jalan virtual dan dongeng musikal yang dilakukan lewat zoom dan media sosial. “Semangat membaca dan mendongeng harus tetap ditumbuhkan. Sebab, anakanak harus tumbuh dengan cerita-cerita yang membahagiakan,” tandasnya. (Atalya Puspa/H-2)
 

Baca Juga

ANTARA/Aswaddy Hamid

Realisasi Bansos Tunai Covid-19 Kemensos Capai 82%

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 10:26 WIB
Bansos tunai Kemensos ditujukan bagi 9 juta masyarakat tidak mampu di 33 provinsi di...
ANTARA FOTO/Indrianto Eko

Populasi Komodo di Lembah Loh Buaya Meningkat dalam Beberapa Tahun

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 10:17 WIB
Total jumlah biawak komodo pada 2018 sebanyak 2.897 individu dan pada tahun 2019 bertambah menjadi 3.022 individu atau bertambah 125...
Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden Tinjau Pengembangan Lumbung Pangan Baru di Sumatra Utara

👤Andhika Prasetyo 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 10:10 WIB
Presiden juga diagendakan menyerahkan sertifikat hak atas tanah untuk rakyat di Stadion Simangaronsang, Kecamatan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya