Minggu 18 Oktober 2020, 08:57 WIB

Harga Gabah di Temanggung Naik

Tosiani | Nusantara
Harga Gabah di Temanggung Naik

MI/Tosiani
Petani di Kelurahan Madureso, Kecamatan/Kabupaten Temanggung sedang menjemur gabah. Saat ini harga gabah di wilayah itu naik.

 

PETANI di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah bisa tersenyum lagi lantaran harga gabah belakangan mengalami kenaikan dibanding saat musim panen sebelumnya. Hal ini dirasa menghibur petani di masa krisis akibat pandemik korona. Yudi,52, salah seorang petani di Kelurahan Madureso, Kecamatan/Kabupaten Temanggung mengatakan, saat musim panen sebelumnya gabahnya hanya laku terjual Rp3.500 per kilogram (kg) untuk kategori Gabah Kering Giling (GKG) jenis IR. Hasil panen sekarang, meski masih dalam penjemuran gabahnya sudah ditawar Rp5.000 per kg GKG.

"Harga ini lebih tinggi dibanding panen sebelumnya, cuma laku Rp3.500 per kg. Yang sekarang sudah dibeli seharga Rp 5.000 per kg," tutur Yudi di Temanggung, Minggu (18/10). 

Yudi menanam padi di lahan seluas sekitar 6000 meter persegi. Pada panen kali ini ia mendapat hasil sekitar satu ton gabah. Tingginya harga gabah diduga lantaran kualitas hasil panen yang cenderung bagus. Selain itu, di daerah Temanggung baru usai panen tembakau, sehingga belum banyak yang menanam padi.

"Karena belum banyak yang tanam padi setelah panen tembakau, hasil panen padi juga masih sedikit. Hal ini membuat harga gabah cenderung tinggi," ujar Yudi.

baca juga: Makam Istri Sultan Iskandar Muda Tidak Terawat

Ahmad,45, petani lainnya mengatakan hal senada. Hasil panen padinya terjual Rp5.000 per kg. Ia memiliki areal lahan sekitar satu hektare. Sebagian ia tanami aneka sayuran seperti terung dan jagung. Sebagian lagi ia tanami padi. Namun karena hasil panen cenderung bagus saat ini, maka kuantitasnya pun lebih banyak. Hasil yang didapatnya hampir mencapai satu ton.

"Harga gabah yang sekarang lebih tinggi dari panen sebelumnya. Mungkin karena belum ada panen padi setelah selesai panen tembakau," pungkasnya. (OL-3)
 

Baca Juga

MI/Lilik Darmawan

Banjir Landa Cilacap, Ratusan Warga Dievakuasi

👤Lilik Darmawan 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 11:57 WIB
BPBD Kabupaten Cilacap terus melakukan evakuasi terhadap warga yang masih bertahan di rumah-rumah yang terendam banjir di Kecamatan...
MI/Bagus Suryo

Kuota Pupuk Subsidi di Kabupaten Malang Ditambah

👤Bagus Suryo 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 11:47 WIB
Alokasi kebutuhan pupuk subsidi di Jawa Timur pada 2020 sempat berkurang dan dampaknya dirasakan Kabupaten...
MI/Dwi Apriani

Bangun Kantor Gubernur Sumsel Untuk Keseimbangan Ulu dan Ilir

👤Dwi Apriani 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 11:28 WIB
Bangunan kantor gubernur Sumsel sebagai bangunan warisan budaya (heritage) yang ditetapkan dan tidak boleh diubah bentuknya karena usia...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya