Minggu 18 Oktober 2020, 05:08 WIB

Kini, Penyandang Disabilitas Mudah Pasarkan Karya Kreatifnya

mediaindonesia.com | Humaniora
Kini, Penyandang Disabilitas Mudah Pasarkan Karya Kreatifnya

Ist
Para penyandang disabilitas bisa memasarkan karya kreatif mereka melalui Handycapables.com.

 

SEBAGAI bagian dari masyarakat, kaum difabel tentu ingin menjadi sosok-sosok produktif. Namun, dengan kekhususan mereka, dibutuhkan kerja sama berbagai pihak agar potensi mereka bisa dimaksimalkan. Atas dasar itu, Nathan Bradley Wangidjaja membuat Handycapables.com, sebuah website yang menjadi sarana untuk memasarkan karya-karya kreatif kaum penyandang disabilitas.

Nathan yang masih duduk di kelas 12 Sekolah Pelita Harapan ini mengisahkan, pembuatan Handycapables.com awalnya ia kerjakan untuk memenuhi tugas sekolah di kelas 10 pada 2018.

“Saat mencari ide proyek, saya ingat dengan penjual tisu di pinggir jalan yang sering saya lihat. Dia tidak bisa jalan, pakai kursi roda, tapi saya lihat semangatnya luar biasa. Ingatan itu yang menginspirasi pembuatan website ini, yang saya tujukan untuk membantu teman-teman penyandang disabilitas,” tutur Nathan dalam bincang-bincang virtual baru-baru ini.

Di awal pengembangan website, Nathan bekerja sama dengan Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) yang pernah dikunjunginya dalam salah satu program sekolah.

Ia pun memberi panduan bagaimana memasukkan data-data produk, termasuk cara mengambil foto produk dan mengunggahnya ke situs Handycapables.com. Hasilnya, produk-produk karya para difabel binaan YPAC tampil rapi di website rintisan Nathan.

Seiring waktu, bukan hanya YPAC yang bekerja sama dengan Handycapables.com. Saat ini, ada lima yayasan yang bergerak di bidang pembinaan penyandang disabilitas turut memasarkan karya para penyandang disabilitas di website tersebut. Produk yang dipasarkan bervariasi, mulai dari aneka makanan ringan, masker kain, aksesoris, boneka, tas, scarf, hingga pakaian.

“Seluruh hasil penjualan diperuntukkan bagi yayasan yang membina teman-teman difabel. Karena sejak awal, niat saya memang membantu mereka,” kata Nathan. 

Salah satu yayasan yang bekerja sama dengan Handycapables.com adalah Yayasan Precious One, bagian dari Yayasan Karya Insan Sejahtera yang berfokus pada pemberdayaan penyandang disabilitas. Yayasan ini membina para penyandang disabilitas untuk menghasilkan kerajinan tangan berkualitas tinggi.

Founder Precious One, Ratnawati Sutedja, mengungkapkan, sejatinya para penyandang disabilitas punya kemauan dan kemampuan untuk produktif, menghasilkan karya-karya bernilai. Namun mereka membutuhkan ekosistem yang bisa memberi motivasi, bimbingan, dan dukungan. 

Handycapables.com yang berperan sebagai e-commerce khusus untuk kaum disabilitas tentu sangat membantu upaya pemberdayaan penyandang disabilitas. Semoga ke depannya bisa terus berkembang sehingga semakin banyak teman-teman difabel yang terbantu,” pungkas Ratna. (RO/OL-09)

Baca Juga

Dok. UBL

Wisuda UBL Dihadiri mantan Wapres dan Duta Besar Secara Virtual

👤Syarief Oebaidillah 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 01:51 WIB
Wisuda ini dilaksanakan secara bertahap selama tiga hari pada 19-21 Oktober 2020 di Gedung Grha Mahardika Bujana (Auditorium) kampus.UBL...
ANTARA

IPB University akan Anugerahi Doni Monardo Doktor Honoris Causa

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 01:50 WIB
Penganugerahan gelar Doktor Kehormatan tersebut diputuskan dalam Rapat Pleno Senat Akademik (SA) IPB University pada Selasa...
DOk. UT

UT Gelar RTM Perkuat Sistem Pembelajaran Berbasis IT

👤Syarief Oebaidillah 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 01:48 WIB
Pada t2019 RTM difokuskan dalam bidang Manajemen Pembelajaran Jarak Jauh (MPJJ), maka tahun ini RTM berfokus pada bidang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya