Sabtu 17 Oktober 2020, 20:55 WIB

FASI Gelar Lomba Paralayang Virtual Pertama di Dunia

Widhoroso | Olahraga
FASI Gelar Lomba Paralayang Virtual Pertama di Dunia

MI/Alexander Taum
Ilustrasi

FEDERASI Aero Sport Indonesia (FASI) Bidang Paralayang membuat terobosan baru dengan mengadakan lomba paralayang virtual yang diklaim menjadi ajang pertama di dunia.

Kegiatan bertajuk 'Virtual Paragliding Festival" ini melombakan nomor ketepatan dan diadakan di enam lokasi yaitu Kampung Toga (Sumedang) dan Gunung Mas (Puncak) di Jawa Barat, Lengkong (Wonosobo) dan Kemuning (Karang Anyar) di Jawa Tengah, Gunung Banyak (Batu) di Jawa Timur, dan Macau Duo (Tanah Datar) di Sumatera Barat, Sabtu (17/10). Pusat kegiatan ini berlangsung di Bukit Kampung Toga, dengan pelaksanaan selama dua hari, yaitu pada 17-18 Oktober.

"Konsep lomba seperti ini belum pernah ada sebelumnya. Peserta cukup memilih lokasi lomba yang terdekat dengan domisilinya, lalu keenam lokasi ini melaksanakan lomba secara bersamaan, dan hasilnya akan terkirim ke pusat data secara 'real-time' untuk menjadi sebuah hasil lomba Virtual Paragliding Festival yang valid", ujar Ketua Paralayang Indonesia Wahyu Yudha.

Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 400 peserta, sehingga menjadi kegiatan paralayang dengan peserta terbanyak, yang sekaligus dicatatkan ke dalam Museum Rekor Indonesia (rekor MURI). Kegiatan ini juga akan diuji coba ke tingkat yang lebih tinggi, yakni tingkat Asia tahun depan.

"Pesertanya berasal dari berbagai daerah di Indonesia, sehingga kegiatan ini menjadi kegiatan dengan peserta terbanyak sepanjang sejarah, tidak hanya di Indonesia, tapi juga di dunia. Tahun depan kita akan ekspansi ke tingkat Asia," ujar Marsma Basuki Rochmat, Sekjen PB FASI.

Kegiatan ini sekaligus menjadi simbol diaktifkannya kembali kegiatan cabang olahraga (cabor) Petualangan, Tantangan & Wisata (PTW), yang terdiri dari lima cabor, yaitu Paragliding, Diving, Rafting, Runningm dan  Hiking. Kelima cabor tersebut telah memiliki buku resmi panduan protokol kesehatan Covid-19 yang dikeluarkan oleh pemerintah.(Ant/R-1)

Baca Juga

Dok. BDR Race Against Pandemic

Pembalap RI Berlomba di Sirkuit Imola Secara Virtual Malam Ini

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 16:38 WIB
Sejumlah pembalap profesional tercatat akan mengikuti balapan yang memperebutkan total hadiah lebih dari Rp90 juta...
 JORGE GUERRERO / POOL / AFP

Bottas Tampil Dominan pada Latihan Bebas GP Portugal

👤Antara 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 00:45 WIB
Bottas, yang menjadi runner-up klasemen sementara, mencetak waktu terbaiknya dalam satu menit 17,940 detik di sesi latihan...
Dok.Salonpas Ride

Mau Sepedaan, Lakukan 3 Hal Ini Sebelum Mulai Mengayuh

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 23:05 WIB
Sebelum memulai mengayuh sepeda, ada sejumlah hal yang harus dilakukan agar kenyamanana saat bersepeda bisa dimaksimalkan, termasuk...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya