Sabtu 17 Oktober 2020, 19:17 WIB

Kejati Sulbar Tahan Tersangka Korupsi Pejabat Dinas Mamasa

Golda Eksa | Nusantara
Kejati Sulbar Tahan Tersangka Korupsi Pejabat Dinas Mamasa

MI
Ilustrasi Koruptor

 

MURNIANTO, pejabat pembuat komitmen (PPK) pada Dinas Pertanian, Perkebunan, dan Hortikultura Kabupaten Mamasa, tidak berkutik setelah ditangkap dan ditetapkan sebagai tersangka kasus tindak pidana korupsi. Untuk memudahkan proses pemeriksaan, ia kemudian ditahan selama 20 hari di Rumah Tahanan Polda Sulawesi Barat.

Penahanan terhadap tersangka, menurut Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejaksaan Tinggi Sulawesi Barat Amiruddin, dilakukan berdasarkan Surat Perintah Penahanan Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Barat (T-2) Nomor: PRINT-458/P.6/Fd.1/10/2020, tanggal 15 Oktober 2020.

"Tersangka terlibat perkara tipikor pengadaan bibit kopi atau kegiatan perluasan tanaman kopi pada Dinas Pertanian, Perkebunan, dan  Hortikultura Kabupaten Mamasa TA 2015," ujar Amiruddin, Sabtu (17/10).

Hal senada disampaikan Asisten Tindak Pidana Khusus (Aspidus) Kejati Sulbar Feri Mupahir. Menurutnya, Murnianto melakukan praktik lancung itu dengan cara meminta tim kelompok kerja (pokja) mengganti spesifikasi bibit kopi pada summary report menjadi jenis benih kopi somatic embriogenesis (SE).

" Hal tersebut dilakukan dengan merujuk produk tertentu dan agar pelelangan dapat dimenangkan salah satu perusahaan yang telah terlebih dahulu mengadakan perjanjian dengan satu-satunya supplier bibit kopi SE di Indonesia," kata Feri.

Berdasarkan penghitungan kerugian negara dari BPKP Sulbar, imbuhnya, kerugian negara yang ditimbulkan akibat serangkaian perbuatan tersangka diperkirakan mencapai Rp1,1 miliar. (J-2)

Baca Juga

MI/Djoko Sardjono

Libur Panjang, Kasus Positif Covid-19 di Klaten Meningkat

👤Djoko Sardjono 🕔Minggu 01 November 2020, 06:36 WIB
"Hari ini, Sabtu (31/10), ada penambahan sebanyak 32 orang terkonfirmasi positif, satu di antaranya meninggal...
 ANTARA FOTO/Pradanna Putra Tampi/Mnk/aww.

Tersisa 341 Pasien di RSKI Pulau Galang

👤 (Faj/Ant/J-2) 🕔Minggu 01 November 2020, 05:40 WIB
JUMLAH pasien terkonfirmasi positif covid-19 yang menjalani perawatan di Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Pulau Galang, Kepulauan Riau,...
Ilustrasi

Yogja Diminta Tetap Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang

👤Ardi T 🕔Minggu 01 November 2020, 00:14 WIB
Kepala Stasiun Klimatologi Sleman, DI Yogyakarta, Reni Kraningtyas mengingatkan, saat ini sebagian besar wilayah DIY sudah memasuki musim...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya