Sabtu 17 Oktober 2020, 19:35 WIB

Cai Changpan Ancam Satpam Pembakaran untuk Bermalam

Rahmatul Fajri | Megapolitan
Cai Changpan Ancam Satpam Pembakaran untuk Bermalam

Medcom/Mohammad Rizal
Ilustrasi

 

NARAPIDANA warga negara Tiongkok Cai Changpan yang ditemukan tewas gantung diri ternyata sempat mengancam satpam pabrik pembakaran ban di Hutan Jasinga, Bogor, Jawa Barat untuk bermalam.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan pihaknya mendapatkan keterangan dari satpam tersebut.

"Kita dapat info dari satpam pabrik Hutan Jasinga, dia masuk ke hutan. Ada pabrik pembakaran ban. Dapat info dari satpam dia sering bermalam, tapi tidak setiap hari. Dia juga sempat diancam tidak boleh lapor," kata Yusri, ketika dikonfirmasi, Sabtu (17/10).

Baca juga: Terpapar Covid-19, Anggota Dewan Babel PPP Meninggal Dunia

Setelah mendapat laporan itu, Yusri mengatakan tim kepolisian bergerak menuju pabrik yang dimaksud di dalam Hutan Jasinga. Saat sampai di lokasi, polisi menemukan Cai Changpan dalam keadaan tewas gantung diri.

Pihaknya kemudian membawa jasad Cai Changpan ke Rumah Sakti Polri untuk diautopsi untuk melakukan pendalaman dengan memeriksa sejumlah saksi di tempat kejadian perkara. "Baru kita otopsi. Kita masih memeriksa saksi pada saat penggerebekan," kata Yusri.

Lebih lanjut, Yusri akan menjelaskan dengan rinci saat konferensi pers nantinya. "Mudah-mudahan secepatnya. Kita masih kumpulkan alat bukti dan saksi," kata Yusri.

Yusri mengatakan kedua petugas Lapas tersebut dijerat dengan Pasal 426 KUHP, yakni dengan sengaja membiarkan orang melarikan diri atau dengan sengaja melepaskannya, atau memberi pertolongan pada waktu orang itu dilepaskan atau melarikan diri dengan ancaman 4 tahun penjara.Seperti diketahui, Cai Changpan merupakan narapidana narkoba yang divonis hukuman mati sejak 2017.

Sebelumnya, viral di media sosial video saat Cai Changpan kabur dari Lapas Kelas I Tangerang. Chai Changpan lolos pada Senin (14/9) melalui gorong-gorong lapas.

Ia menggali lubang dari dalam sel menuju gorong-gorong itu dengan menggunakan alat yang diduga ia dapatkan dari pembangunan di dalam sel.Polisi mengatakan butuh waktu delapan bulan bagi Chai Changpan untuk menggali lubang sepanjang 30 meter itu untuk bisa kabur dari Lapas. (OL-4)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Dinilai Represif, Polri: Kami Juga Diajarkan HAM

👤Yakub Pryatama 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 09:55 WIB
Awi pun menceritakan kisahnya yang sempat didampingi dalam pengajaran HAM oleh salah seorang dosen dari Universitas Hasanuddin Makassar...
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Soal Sanksi Perda Covid, Fraksi PKS Minta Warga Tunggu Pergub

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 08:47 WIB
Sebagian publik menilai ancaman hukumannya terlalu tinggi, sementara vaksin untuk covid-19 dinilai masih dalam tahap...
ANTARA/HO-Damkar Jaktim

Bus Jakarta-Wonigiri Terbakar di Tol Jagorawi

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 08:32 WIB
Bus bernomor polisi AD 1422 EF milik Perusahaan Otobus (PO) Sinar Jaya itu terbakar di jalur lambat arah Bogor, Jawa...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya