Sabtu 17 Oktober 2020, 16:35 WIB

Satgas Covid-19 Kota Sukabumi Waspadai Klaster Unjuk Rasa

Benny Bastiandy | Nusantara
Satgas Covid-19 Kota Sukabumi Waspadai Klaster Unjuk Rasa

ANTARA
Aksi unjuk rasa berpotensi memunculkan klaster baru covid-19

 

GELOMBANG aksi unjuk rasa menolak pengesahan Undang-Undang Cipta Kerja di Kota Sukabumi, Jawa Barat, sudah beberapa kali dilakukan elemen mahasiswa maupun kalangan buruh. Satuan Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 setempat pun mengingatkan para pengunjuk rasa mengedepankan penerapan protokol kesehatan seandainya mereka kembali berdemonstrasi.

"Berkerumunnya para pengunjuk rasa saat demo berlangsung tentu jadi kekhawatiran rentan terpapar covid-19. Apalagi kalau tidak menggunakan masker," kata Juru Bicara Satgas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kota Sukabumi, Wahyu Handriana, Sabtu (17/10).

Ia mengingatkan seandainya nanti terjadi lagi aksi unjuk rasa, para pendemo tetap harus mengedepankan penerapan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, menjaga jarak, serta mencuci tangan ataupun menggunakan hand sanitizer. Terlebih, saat ini tren laju penyebaran covid-19 di Kota Sukabumi menunjukkan peningkatan cukup signifikan.

"Mudah-mudahan saja tidak terjadi klaster dari aksi unjuk rasa kemarin," ucapnya.

Satgas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kota Sukabumi mengingatkan juga potensi penyebaran melalui klaster keluarga. Bisa saja, pembawa virus itu orang tanpa gejala (OTG), tapi kondisi stamina orang yang ada di lingkungan keluarganya sedang turun.

"Yang membawa virus bisa jadi kondisi atau stamina fisiknya bagus. Sebaliknya, kondisi fisik anggota keluarganya tidak bagus. Jadi ini rentan tertular," pungkasnya. (R-1)

 

Baca Juga

Ilustrasi

Ketua IDI Kalbar Positif Covid-19

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 26 Oktober 2020, 09:59 WIB
Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) wilayah Kalimantan Barat dr Rifka MM menjalani isolasi mandiri karena dikonfirmasi positif...
ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

Gempa Bumi Dangkal di Pangandaran, Masyarakat Waspada

👤Kristiadi 🕔Senin 26 Oktober 2020, 09:32 WIB
Gempa dangkal di Pangandaran dengan magnitudo 4,5 dirasakan sampai Tasikmalaya, Ciamis, Sukabumi, Cilacap dan Garut. Hal ini membuat...
Mi/Ardi Teristi Hardi

Hadapi Libur Panjang Pasar Beringharjo Jalankan Prokes Ketat

👤Agus Utantoro 🕔Senin 26 Oktober 2020, 09:21 WIB
Pasar Beringharjo, Yogyakarta, akan memperketat penerapan protokol kesehatan saat libur panjang akhir Oktober serta menambah personel...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya