Sabtu 17 Oktober 2020, 12:25 WIB

Kemenag Terapkan Model Magang Profesional di Kampus Islam

Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora
Kemenag Terapkan Model Magang Profesional di Kampus Islam

ANTARA/ FENY SELLY
Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah M Sirozi memberikan sambutan pada Sidang Senat Terbuka Wisuda ke-73 di Palembang, (4/7).

 

Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Kementerian Agama menjajaki penerapan model cooperative education atau magang profesional di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI). Direktur Diktis Kemenag Suyitno mengatakan, program ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa agar siap terjun ke lapangan kerja.

“Program magang professional (co-operative education) penting untuk membekali para mahasiswa mulai akrab dengan pasar tenaga kerja yang sudah teridentifikasi dan dapat memberikan lapangan kerja yang sesuai," kata Suyitno dalam pernyataan tertulis, Sabtu (17/10).

Baca juga: Pemerintah Telah Salurkan BLT Rp3,17 T ke Desa Tanggap Covid-19

Seperti diketahui, tantangan pendidikan tinggi adalah menyiapkan sumber daya manusia/alumni yang siap terjun ke dunia kerja saat ini cukup berat. Oleh karena itu, perlu terobosan dalam model pembelajaran, salah satunya model magang profesional.

Selain itu menurut Suyitno, cooperative education ini sejalan dengan program Kampus merdeka dan Merdeka Belajar yang sedang dalam tahap persiapan di PTKI.

”Para mahasiswa memiliki kebebasan untuk mengambil sejumlah SKS lintas baik prodi bahkan lintas perguruan tinggi," ungkapnya.

Dia menilai, magang di dunia kerja sangat penting, terutama di era globalisasi yang penuh dengan tantangan dan meniscayakan pola digital dan big data.

“Era ini menjadi tantangan baru dalam mempersiapkan perguruan tinggi yang lebih inovatif sehingga menghasilkan generasi masa depan yang kompeten,” tandasnya. (H-3)

Baca Juga

123RF

Kreativitas Dorong Kemandirian Bangsa

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Rabu 28 Oktober 2020, 00:00 WIB
SETELAH lulus sekolah atau kuliah nanti mau bekerja di mana? Pertanyaan lumrah tersebut mulai saat ini rasanya tidak pas untuk ditanyakan...
Dok. Media Indonesia

MI Kembali Raih Penghargaan Koran Berdedikasi Berbahasa Indonesia

👤Dero Iqbal Mahendra 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 23:57 WIB
Ini merupakan kali kedua secara berturut turut Media Indonesia mendapatkan penghargaan dalam kategori yang sama, sebelumnya Media Indonesia...
Dok.WOM Finance

Hari Dokter Indonesia, Perusahaan Ini Donasikan APD ke Tiga RS

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 23:47 WIB
kegiatan pemberian donasi berupa baju hazmat, sarung tangan karet, masker medis dan faceshield ini sebagai bentuk dukungan WOM Finance...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya