Jumat 16 Oktober 2020, 20:30 WIB

Ada Vaksinasi Covid-19 yang Gratis dan Bayar

M Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Ada Vaksinasi Covid-19 yang Gratis dan Bayar

AFP/Mario Tama
.

 

NANTI biaya vaksinasi covid-19 akan terbagi menjadi dua yakni gratis dan biaya sendiri. Elemen pemerintah termasuk tenaga kesehatan, kepolisian, dan militer kemungkinan gratis. Selain itu, Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan juga gratis.

Itu disampaikan Sekretaris Eksekutif Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPPEN) Raden Pardede kepada Media Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat (16/10).

"Untuk harganya akan ditentukan lagi karena saat ini belum bisa ditentukan, tetapi di kisaran Rp400-500 ribu. Jika sudah sanggup, bisa bayar sendiri, entah itu kantor yang bayar atau pakai kocek pribadi," kata Raden.

Raden berharap biayanya terjangkau seperti vaksin AstraZeneca. Harganya dijanjikan sekitar US$5-US$10 atau Rp147 ribu. Tapi, vaksin Sinovac diprediksi lebih mahal.

"Intinya tenaga kesehatan, polisi, militer, dan peserta PBI BPJS Kesehatan akan mendapatkan subsidi dari pemerintah," cetusnya.

Raden juga menyebutkan bila vaksin tidak memberikan kekebalan terhadap covid-19, masyarakat harus kembali memperhatikan imunitas secara alami.

"Kita berharap vaksin ini akan menaikkan imunitas sehingga menjadi bebas beraktivitas. Jika memang skenario terburuknya ya kembali harus memperhatikan hidup kita dengan menaikkan imunitas secara alami," jelasnya.

Caranya, kita bisa berolahraga, asupan nutrisi, hingga aktivitas sehari-hari harus diperhatikan. Selain itu, mencegah penularan covid-19 dengan memakai masker, mencuci tangan, dan jaga jarak yang nanti dipraktikkan terus menerus.

"Semoga vaksinnya bisa menambah kekebalan dan imunitas. Jika tidak, yang bermasalah seluruh negara," pungkasnya. (OL-14)

Baca Juga

Dok kominfo

Palu, Mutiara di Pinggir Khatulistiwa

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 Oktober 2020, 07:57 WIB
Pembangunan jaringan koneksi yang dilakukan Bakti Kominfo amat berarti dalam pemulihan wilayah pascabencana dua tahun lalu di...
ANTARA

6 Tontonan Animasi Anak & Keluarga untuk Temani Libur Panjang

👤Astri Novaria 🕔Jumat 30 Oktober 2020, 06:00 WIB
Melalui tayangan ini anak dapat merasakan berbagai emosi mulai dari senang, sedih hingga haru dan memastikan anak dapat melihat diri mereka...
DOK ENESIS

OTG dapat Vitamin C 1000mg Gratis dari Amunizer

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 Oktober 2020, 06:00 WIB
Gerakan 'Amunizer Bantu Indonesia Bangkit' ini dapat diikuti oleh seluruh masyarakat yang terkonfirmasi positif dan tanpa gejala di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya