Jumat 16 Oktober 2020, 19:22 WIB

Setelah Disorot KPK, Penyerahan PSU di Medan Mulai Mengalir

Yoseph Pencawan | Nusantara
Setelah Disorot KPK, Penyerahan PSU di Medan Mulai Mengalir

ANTARA
Ilustrasi

 

PENYERAHAN Prasarana, Sarana, dan Utilitas (PSU) Perumahan oleh para pengembang terus bertambah setelah masalah penertiban aset negara di Kota Medan, Sumatera Utara menjadi sorotan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) beberapa waktu terakhir.

Pemerintah Kota Medan mencatat, sebelum 2020 baru empat PSU Perumahan yang diserahkan pengembang  kepada pemkot. "Tahun ini 2020 ini ada dua lagi yang diserahkan, yakni PSU Perumahan Bumi Seroja Permai I dan PSU Griya Martubung II," ungkap Penjabat Sementara Wali Kota Medan Arief Sudarto, Jumat (16/10).

Bahkan dalam satu hingga dua bulan ini Pemkot Medan akan menerima tiga PSU lagi dari pengembang perumahan.

Semakin banyaknya penyerahan PSU ini menurutnya tidak lepas dari keterlibatan KPK yang telah mendorong percepatan penyerahan PSU dari pengembang kepada Pemkot Medan sehingga kemudian dapat didata dan menjadi aset daerah.

Dia berharap para pengembang lain juga melakukan penyerahan ini karena bila tidak, dan terjadi pengalihan fungsi, maka akan merugikan warga yang berada di perumahan tersebut. Bila sudah diserahkan, maka pemkot lah yang akan bertanggung jawab untuk memelihara dan memperbaikinya jika terjadi kerusakan, karena sudah menjadi aset daerah.

Satuan Tugas (Satgas) Koordinasi dan Supervisi Pencegahan (Korsupgah) Korupsi KPK Wilayah I dalam beberapa waktu terakhir gencar menekankan kepada berbagai pihak terkait tentang adanya sanksi jika penyerahan PSU tidak dijalankan. Mulai dari denda sampai kurungan badan.

"PSU perumahan merupakan aset negara yang harus diselamatkan agar tidak terjadi kerugian negara," tegas Maruli Tua, Kasatgas Korsupgah Korupsi KPK Wilayah I.

Maruli mengingatkan pemerintah daerah dan pengembang menjalankan ketentuan ini dengan serius, transparan dan penuh rasa tanggung jawab.

Selain itu, dia juga mendorong masyarakat agar berani bersuara jika terjadi alih fungsi terhadap PSU perumahan. Dia memastikan KPK akan mengawasi untuk memastikan penyerahan PSU berjalan dengan lancar. (R-1)

Baca Juga

MI/Ignas Kunda

DPR RI Bantu Alat Pertanian dan Pupuk ke Petani Nagekeo

👤Ignas Kunda 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 07:05 WIB
Wakil Ketua DPR RI Rahmat Gobel bidang industri dan pembangunan   dananggota Komisi IV DPR RI, Julie Sutrisno Lasikodat...
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Jadi Zona Merah, Cirebon: Yang Penting Antisipasi Lonjakan Covid

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 06:44 WIB
Konsentrasi kami bukan status merah atau kuning, tapi bagaimana kami menanggulangi, memutus mata rantai penyebaran...
MI/Apul Iskandar

RSUD di Tebing Tinggi Jalin Kerja Sama Untuk Pelayanan Kedokteran

👤Apul Iskandar 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 06:43 WIB
Untuk meningkatkan pelayanan di bidang kedokteran maupun kedokteran spesialis, RSUD dr Kumpulan Pane mengajak kerja sama dengan RS Adam...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya