Jumat 16 Oktober 2020, 18:55 WIB

Inilah Enam Negara yang Menawarkan Asuransi Perjalanan Covid-19

MI Weekend | Weekend
Inilah Enam Negara yang Menawarkan Asuransi Perjalanan Covid-19

Unsplash/ Even Krause
Untuk membangkitkan turisme, beberapa negara menawarkan asuransi jika wisatawan terpapar covid-19 selama berkunjung di negara itu.

BAGI wisatawan, tentunya pandemi Covid-19 merupakan masa yang sulit untuk merencanakan liburan. Dilansir dari Globar Trender pada Kamis (15/10), ada beberapa negara yang memperkenalkan asuransi perjalanan khusus Covid-19 untuk membantu wisatawan jika nantinya akan tertular virus pada saat berpergian. Biaya paket asuransi bervariasi, bahkan ada beberapa yang gratis untuk semua wisatawan, namun yang terpenting membaca detail dengan cermat untuk memahami dengan tepat apa yang tercantum dalam polis tersebut.


Adapun enam negara yang menawarkan asuransi perjalanan Covid-19 pada saat tiba di negara tersebut, antara lain:

1. Republik Dominika
Salah satu negara di Kepulauan Karibia ini mengumumkan bahwa untuk sementara akan menawarkan ‘rencana bantuan perjalanan’ gratis bagi para wisatawan hingga 31 Desember 2020. Hal ini mencakup perlindungan darurat jika wisatawan yang berkunjung terpapar virus korona saat berada di Republik Dominika serta biaya tes Covid-19, transfer medis atau transfer untuk kerabat, penalti perubahan jadwal tiket pesawat, serta biaya keperluan akomodasi lainnya akan ditanggung jika para wisatawan terpaksa harus tinggal lebih lama. Rencananya, bantuan ini hanya berlaku untuk wisatawan yang menginap di hotel.


2. Portugal
Pada bulan Agustus 2020, Portugal meluncurkan skema asuransi perjalanan bagi wisatawan internasional. Skema ini dirancang untuk menjamin wisatawan agar dapat berwisata keliling negeri dengan aman dan percaya diri. Semua biaya medis, bedah, rumah sakit, dan farmasi termasuk dalam asuransi perjalanan, yang diperluas ke seluruh negeri dan tersedia untuk pengunjung dari seluruh dunia. Mulai dari € 37,20 atau setara dengan Rp642 ribu, paket asuransi itu memiliki akses yang tak terbatas ke nasihat medis, konsultasi medis online, informasi tentang fasilitas medis yang sesuai, pengiriman obat, transfer rumah sakit, dan biaya repatriasi.


3. Kepulauan Canaria
Kepulauan Canaria yang berada di Spanyol pun mengumumkan pada bulan Agustus 2020 bahwa menjadi wilayah pertama di negara itu yang meluncurkan asuransi perjalanan gratis bagi wisatawan internasional. Asuransi mencakup biaya medis, karantina, dan repatrasi (pemulangan warga asing ke negara asal) jika wisatawan internasional terpapar Covid-19 selama tinggal di sana (termasuk wilayah Tenerife, Fuerteventura, Gran Canaria, Lanzarote, dan La Palma).


4. Thailand
Pada bulan September 2020, perusahaan asuransi asal ‘negeri gajah putih’ ini menawarkan asuransi baru wisatawan yang mencakup biaya perawatan medis dan pemulangan. Harga polis wisatawan bergantung pada tingkat risiko Covid-19 di negara asal para wisatawan. Turis yang berasal dari negara "berisiko tinggi" masih dapat memanfaatkan asuransi. Begitu seorang pelancong melewati imigrasi di Thailand, kebijakan ini otomatis berlaku. Para wisatawan juga harus memiliki sertifikat kesehatan "fit-to-fly" yang menunjukkan bahwa mereka telah dites negatif untuk virus corona tidak lebih dari 72 jam sebelum penerbangan.


5. Uzbekistan
Sebagai bagian dari kampanyenya, 'Uzbekistan, Safe Travel Guaranteed', negara tersebut mengatakan bahwa jika ada wisatawan internasional yang terpapar Covid-19 selama berwisata, para wisatawan akan menerima $3.000 atau setara Rp44 juta dengan untuk pengobatan. Daftar fasilitas kesehatan dan manfaat bagi wisatawan asing selama pandemi juga sedang disusun.


6. Turki
Pada bulan Agustus 2020, Turki meluncurkan opsi asuransi perjalanan untuk memberikan perlindungan Covid-19 kepada wisatawan internasional. Ini termasuk biaya perawatan kesehatan hingga €3,000 (Rp51 juta). Turki juga telah meluncurkan paket asuransi yang mencakup biaya akibat perpanjangan masa tinggal di Turki setelah hasil tes Covid-19 wisatawan dinyatakan positif. Pertanggungan mulai dari €10 (Rp172 ribu) per hari selama 15 hari, yang mencakup hingga €100 (Rp1,7 juta) biaya akomodasi per hari. (Yulia Kendriya Putrialvita/M-1)
 

Baca Juga

Unsplash.com/Herbert Goetsch

Minat Memelihara Anak Anjing Meningkat Selama Pandemi

👤Galih Agus Saputra 🕔Jumat 30 Oktober 2020, 14:00 WIB
Sejak adanya pandemi covid-19, Rumah Sakit Hewan di Gloucester dikabarkan juga telah mencatat lebih dari 100 anak anjing di daftar...
Unspalash.com/Duy Pham

Rasa Cemburu Ternyata Mempererat Persahabatan

👤Galih Agus Saputra 🕔Jumat 30 Oktober 2020, 13:02 WIB
Perasaan cemburu berhubungan dengan nilai dalam sebuah pertemanan dan juga motivasi perilaku untuk menjaga satu sama...
Unsplash/ Yuris Alhumaydy

Ini Caranya Agar Tidak Salah Menghadapi Orang yang Menangis

👤MI Weekend 🕔Jumat 30 Oktober 2020, 06:40 WIB
Buru-buru menenangkan orang yang menangis nyatanya belum tentu...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya