Jumat 16 Oktober 2020, 14:57 WIB

Pemanfaatan Kampanye Daring di Pilkada Hanya 4%

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
Pemanfaatan Kampanye Daring di Pilkada Hanya 4%

Dok.Gibran
Calon Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka blusukan berkampanye virtual lewat TV portabel

 

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) RI mengungkapkan selama 20 hari pertama masa kampanye telah terjadi 3.471 kegiatan. Dari jumlah tersebut hanya 4% atau 212 kegiatan kampanye yang menggunakan sarana daring.

Hal itu terungkap dari laporan monitoring kampanye oleh KPU RI per 13 Oktober. Data ini menjelaskan sebanyak 3.471 kegiatan kampanye telah berlangsung sejak 26 September di 270 daerah yang menggelar pilkada 2020.

Dari jumlah kegiatan tersebut, hanya 212 atau 4% kegiatan kampanye berbasis virtual atau daring. Sementara 3.259 atau 96% kegiatan kampanye dilakukan secara offline atau tatap muka.

"Kampanye tatap muka sulit dihilangkan dan baru 4% saja yang berkampanye secara daring atau virtual," ungkap keterangan dari data yang diperoleh Media Indonesia dari Komisioner KPU RI I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, Jumat (16/10).

Bahkan beberapa paslon menganggap kampanye secara daring tidak efektif mengingat jangkauan geografis dan kendala sinyal dan data belum sepenuhnya sama di seluruh Indonesia.

Kemudian 3.462 atau 99,7% dari total kegiatan kampanye berlangsung dengan memperhatikan protokol kesehatan. Sisanya atau sembilan kegiatan tatap muka terjadi dengan mengindahkan ketentuan yang berlaku. (OL-4)

Baca Juga

ANTARA/PRASETIA FAUZANI

Indonesia sudah Miliki Sarana dan Prasarana Hukum yang Canggih

👤Tri Subarkah 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 04:39 WIB
Walau masih memiliki sejumlah pekerjaan rumah, perbaikan hukum di Indonesia sudah lebih...
DOK: KEMENSOS

Anggaran Jumbo, Kinerja Juara

👤Ifa/S3-25 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 04:27 WIB
Mensos Juliari berkomitmen pihaknya terus bekerja keras memastikan distribusi bansos bisa sampai kepada masyarakat yang membutuhkan. Hal...
ANTARA/MUHAMMAD IQBAL

Menjaga Kredibilitas Pilkada di Tengah Pandemi

👤Indriyani Astuti 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 04:14 WIB
Keputusan untuk melanjutkan pilkada bukan pilihan mudah. Belum ada kepastian kapan puncak pandemi akan terjadi. KPU pun terus mengikuti...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya