Jumat 16 Oktober 2020, 14:26 WIB

Curah Hujan Tinggi Diprediksi Landa Jawa bagian Selatan

Toshi Wicaksono | Nusantara
Curah Hujan Tinggi Diprediksi Landa Jawa bagian Selatan

ANTARA/Ari Bowo Sucipto
.

 

BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah menghitung seberapa besar peningkatan curah hujan sebagai dampak La Nina, termasuk di wilayah Jawa. Diperkirakan, yang mengalami kenaikan curah hujan cukup tinggi hingga 20%-40% sebagian besar di wilayah Jawa bagian selatan dan timur.

Adapun Jawa untuk bagian tengah relatif aman. Demikian disampaikan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di Temanggung, Jawa Tengah. Namun demikian, penting untuk mewaspadai bencana hidrometeorologi yang dapat dipicu La Nina.

"Untuk wilayah Temanggung, alhamdulillah peningkatannya tidak signifikan. Meskipun begitu tetap harus waspada, karena beberapa titik di wilayah Temanggung rawan longsor saat musim hujan," cetus Dwikorita.

Dwikorita mengatakan, berdasarkan informasi tersebut, perlu diwaspadai bersama potensi curah hujan yang akan terjadi dan dampaknya terhadap kegiatan pertanian. Dengan demikian penting untuk melakukan perencanaan dan upaya intervensi pencegahan kerusakan maupun dampak lain.

"Jika ada upaya antisipasi hal ini, keberhasilan produksi pertanian dapat tumbuh secara optimal,"ujar Dwikorita. (OL-14)

Baca Juga

Dok. Polri

Arus Mudik Landai, Kakorlantas: Masyarakat Makin Sadar Kesehatan

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Rabu 28 Oktober 2020, 00:40 WIB
Ia melihat kondisi arus mudik libur panjang yang menuju Jawa Tengah hingga malam hari terpantau landai. Belum ada peningkatan volume arus...
Antara

Peternak Merugi Ratusan Ekor Babi Mati Mendadak di Lembor

👤John Lewar 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 23:50 WIB
PETERNAK babi di Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat  di Nusa Tenggara Timur (NTT), resah karena kematian mendadak hewan...
Dok MI

Waktu Tunggu Ekspor dari Belawan Dipangkas Lebih Cepat Dua Hari

👤Yoseph Pencawan 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 23:40 WIB
"Waktu tunggu atau dwelling time harus cepat dan biaya harus murah agar produk kita makin memiliki berdaya saing ," kata...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya