Jumat 16 Oktober 2020, 03:45 WIB

DKI Terapkan Budaya Cuci Tangan di Sekolah

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
DKI Terapkan Budaya Cuci Tangan di Sekolah

ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Sejumlah siswa SDN 15 Karet Tengsin mencuci tangan dengan sabun cair di Jakarta.

 

PENDIDIKAN mencuci tangan akan diterapkan dalam pembelajaran sejak dini di seluruh sekolah di Ibu Kota. Tujuannya agar kebiasaan baik ini bisa menjadi budaya baru sehingga siswa patuh terhadap protokol kesehatan.

“Kami sudah terapkan itu juga di pendidikan sekolah-sekolah agar anak-anak terbiasa rutin mencuci tangan dan menjaga kebersihan,” ujar Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti, kemarin.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, sambung dia, telah berupaya menggaungkan protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) sejak pandemi covid-19 melanda melalui pelbagai aturan yang dikeluarkan dalam bentuk peraturan gubernur (pergub).

Komponen 3M pun, terang dia, selalu dicantumkan menjadi kewajiban yang harus dilaksanakan seluruh elemen masyarakat, baik masyarakat umum, pengusaha, maupun pemerintah dalam pergub tersebut.

“Melalui pergub dan turunannya, organisasi perangkat daerah wajib menggaungkan kepada konstituen di bawahnya untuk menyediakan fasilitas cuci tangan, menjaga jarak, dan mewajibkan pemakaian masker. Contohnya dari kami kepada fasilitas kesehatan,” ujarnya.

Sementara itu, anggota Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD DKI Jakarta Judistira mengatakan pembahasan Raperda Penanggulangan Covid-19 sudah selesai dan penge sahannya ditargetkan pekan depan.

Raperda itu memuat sanksi denda kepada pengendara roda empat pribadi yang kedapatan tidak memakai masker saat berkendara sendirian ataupun dengan penumpang lebih dari satu orang.

Judistira membeberkan alas an dikenainya sanksi denda kepada pengendara tersebut. Menurutnya, saat ini petugas di lapangan belum bisa membedakan mobil taksi daring dengan mobil pribadi yang benar-benar digunakan untuk kebutuhan pribadi.

Bahkan, apabila itu angkutan daring, akan berbahaya jika pengemudi tidak memakai masker. Pengemudi yang berpotensi pembawa virus menyebarkan virusnya di dalam area mobil yang tertutup. (Put/J-2)

Baca Juga

ANTARA/MUHAMMAD ADIMAJA

Tempat Kerja Lokasi Paling Banyak Dikunjungi Selama PSBB Transisi

👤Hilda Julaika 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 14:15 WIB
Ada peningkatan pergerakan volume lalu lintas kendaraan bermotor pada periode 12 Oktober-25 Oktober...
Antara

Besok Sore Puncak Arus Libur Panjang, 2999 Polisi Berjaga

👤Rahmatul Fajri 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 14:03 WIB
Untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas nantinya libur panjang, Polda Metro Jaya menurunkan 2.999 personel, termasuk 769 di...
MI/Putri Anisa Yuliani

317 Kendaraan Langgar Prokes Selama PSBB Transisi Kemarin

👤Hilda Julaika 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 14:00 WIB
Jika dihitung sejak pemberlakuan PSBB Total Jilid II 14 September lalu hingga 25 Oktober kemarin telah terjadi 1.688 pelanggaran kendaraan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya