Jumat 16 Oktober 2020, 03:35 WIB

Pekerja Proyek PLTA Terpapar Covid-19

Amiruddin Abdullah | Nusantara
Pekerja Proyek PLTA Terpapar Covid-19

Dok. Medcom
Ilustrasi Covid-19

 

PARA pekerja di perusahaan pembangunan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Kerueng, Peusangan, telah menjadi penyumbang terbesar kasus covid-19 di Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh.

Saat ini, ada tiga perusahaan yang beroperasi untuk kepentingan pembangunan PLTA Peusangan. Masing-masing ialah perusahaan pekerja perumahan, perusahaan pembangunan PLTA 1, dan perusahaan pembangunan PLTA 2.

Sesuai penelusuran Media Indonesia, Rabu (14/10), dari 134 kasus covid-19 di Aceh Tengah, 32 di antaranya perusahaan pekerja perumahan, pekerja pembangunan pembangkit listrik untuk PLTA 1 dan PLTA 2 Peusangan. Dari 32 kasus positif tersebut, tiga di antara mereka warga yang bekerja pada perusahaan Hyundai.

Juru Bicara Penanganan Covid-19 Kabupaten Aceh Tengah Yunasri mengatakan Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah telah meminta PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Proyek Pembangkit Sumatra (UPP Kitsum) supaya menghentikan sementara aktivitas pekerjaan.

Penghentian pekerjaan kini telah berlangsung sejak 12 hingga 25 Oktober 2020. Para pekerja yang dinyatakan positif sejauh ini harus melakukan isolasi atau perawatan medis.


Kampanye kesehatan

Polda Aceh terus menggencarkan kampanye protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran dan penularan covid-19 melalui sosialisasi kepada komunitas, pembagian masker, serta memasang stiker di kendaraan bermotor.

Kepala Bidang Humas Polda Aceh Kombes Pol Ery Apriyono mengatakan kampanye terusmenerus ini untuk memastikan masyarakat mematuhi protokol kesehatan.

Menurut Ery Apriyono, protokol kesehatan yang harus dipatuhi tersebut ialah selalu memakai masker, menjaga jarak, serta sering mencuci tangan.

Dia menyebutkan, pemasangan stiker dilaksanakan Direktorat Lalu Lintas Polda Aceh. Stiker yang dipasang di kendaraan bermotor mencapai 1.500 lembar. “Lokasi kampanye di persimpangan lampu merah di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar oleh personel Ditlantas Polda Aceh,” ungkapnya. (MR/Ant/X-11)

Baca Juga

Dok. Polri

Arus Mudik Landai, Kakorlantas: Masyarakat Makin Sadar Kesehatan

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Rabu 28 Oktober 2020, 00:40 WIB
Ia melihat kondisi arus mudik libur panjang yang menuju Jawa Tengah hingga malam hari terpantau landai. Belum ada peningkatan volume arus...
Antara

Peternak Merugi Ratusan Ekor Babi Mati Mendadak di Lembor

👤John Lewar 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 23:50 WIB
PETERNAK babi di Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat  di Nusa Tenggara Timur (NTT), resah karena kematian mendadak hewan...
Dok MI

Waktu Tunggu Ekspor dari Belawan Dipangkas Lebih Cepat Dua Hari

👤Yoseph Pencawan 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 23:40 WIB
"Waktu tunggu atau dwelling time harus cepat dan biaya harus murah agar produk kita makin memiliki berdaya saing ," kata...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya