Jumat 16 Oktober 2020, 04:10 WIB

Inspeksi Seluruh Bangunan Liar di Bantaran Kali

(Hld/J-2) | Megapolitan
Inspeksi Seluruh Bangunan Liar di Bantaran Kali

ANTARA FOTO/ Reno Esnir/foc.
TANAH LONGSOR DI CIGANJUR: Petugas bersama relawan membenahi rumah warga yang rusak akibat tanah longsor di kawasan Ciganjur, Jakarta

 

PENGAMAT tata kota Nirwono Joga mendorong Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan inspeksi ke seluruh bangunan di bantaran kali. Kuat dugaan ada banyak bangunan yang melanggar ketentuan sempadan sungai sehingga menjadi rawan longsor, seperti di Jagakarsa, Jakarta Selatan.

“Pemprov DKI Jakarta dan DPRD dapat melakukan inspeksi di seluruh bantaran kali dan yang pasti akan mendapatkan banyak bangunan yang berdiri di sempadan sungai yang rawan longsor,” kata Nirwono, kemarin.

Pemprov DKI Jakarta juga bisa langsung melakukan penyegelan permanen terhadap bangunan yang melanggar ketentuan.

Terkait dengan kasus di Jagakarsa, terang dia, pengembang Perumahan Melati Residence harus bertanggung jawab dengan membongkar bangunan rawan longsor dan memperbaiki tanggul serta dinding penahan tanah yang longsor itu.

Komisi D DPRD DKI Jakarta juga berencana memanggil seluruh pihak yang terkait dengan kejadian bencana tanah longsor di Jagakarsa, termasuk pengembang, pekan depan.

“Pengembang, RT, RW, camat, lurah, dan warga setempat untuk mengetahui dari berbagai sudut pandang, termasuk Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan (Citata) DKI Jakarta terkait dengan perizinan,” kata Wakil Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Nova Harivan Paloh. (Hld/J-2)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Pasien RSDC Wisma Atlet Terus Berkurang

👤Hilda Julaika 🕔Jumat 30 Oktober 2020, 04:25 WIB
JUMLAH pasien rawat inap covid-19 di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran terus mengalami...
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Demo Buat Pengawasan Klaster Perkantoran Kendur

👤Hilda Julaika 🕔Jumat 30 Oktober 2020, 04:20 WIB
KASUS positif virus korona baru (covid-19) di Jakarta masih terus bertambah. Mereka terpapar dari berbagai tempat, terutama dari...
Dok. MI

Lerai Bentrok Ormas, Kapolsek Terluka

👤Deden Muhamad Rojani 🕔Jumat 30 Oktober 2020, 03:35 WIB
DUA organisasi kemasyarakatan (ormas) terlibat bentrok di Jalan Ciledug Raya, Larangan, Kota Tangerang, Kamis (29/10), pukul 00.15...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya