Jumat 16 Oktober 2020, 05:30 WIB

Mengurangi Timbunan Sampah dengan JRC

(Put/J-1) | Megapolitan
Mengurangi Timbunan Sampah dengan JRC

ANTARA/SIGID KURNIAWAN
UPAYA MENGURANGI SAMPAH DI IBU KOTA Petugas menarik gerobak sampah di Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, kemarin

 

DINAS Lingkungan Hidup DKI Jakarta berkolaborasi mengembangkan Jakarta Recycle Center (JRC) dengan berbagai pemangku kepentingan untuk mengajak masyarakat
berpartisipasi aktif dalam pengangkutan sampah terpilah dan terjadwal agar mempermudah daur ulang sampah.

Program ini ialah implementasi Peraturan Gubernur 77/2020 tentang Pengelolaan Sampah Lingkup Rukun Warga. Konsep pengelolaan sampah pada JRC diadaptasi dari sistem pengelolaan sampah Kota Osaki, Jepang, dan saat ini sedang diupayakan kerja sama antara Pemprov DKI Jakarta dan Pemerintah Kota Osaki, Jepang.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Andono Warih mengatakan saat ini konsep JRC telah diimplementasi pada beberapa model area pada Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan, dengan jumlah partisipan 1.335 KK.

“Kami telah mampu mereduksi sampah sehingga jumlah sampah yang dibuang ke TPST Bantargebang hanya 40% dari total timbulan sampah pada model area pada September,” kata Andono, kemarin.

Dalam implementasinya, partisipasi pemilahan sampah oleh warga mengalami fluktuasi sehingga dibutuhkan pendampingan intensif serta penyediaan sarana prasarana yang menunjang pemilahan sampah dari sumbernya.

Untuk menjalankan ini, Pemprov DKI Jakarta melihat adanya peluang kerja sama baik antara lembaga pemerintah maupun swasta untuk membantu melakukan pendekatan kepada warga baik dari aspek sosial maupun aspek teknis.

Dinas Lingkungan Hidup berkolaborasi dengan PT Chandra Asri Petrochemical yang telah menangkap kesempatan kerja sama dan bersedia membantu memberikan sarana prasarana pemilahan sampah dalam bentuk Kantong Plastik Terpilah, poster edukasi pemilahan sampah serta jasa sosialisasi dan evaluasi keberhasilan pemilahan sampah.

Pendampingan ini akan dilakukan selama masa kerja sama dan diharapkan bantuan serta ruang kerja sama dapat dikembangkan di masa depan sehingga tercipta pengelolaan sampah berkelanjutan dengan peran aktif pemerintah, masyarakat, dan swasta.

Setiap warga mendapatkan edukasi untuk melakukan pemilihan berdasarkan delapan kategori, yaitu sisa makanan, plastik, kertas, botol PET & cup, logam, kaca, B3, dan residu.

“Petugas mengangkut sampah terpilah tersebut secara rutin sesuai jadwal yang sudah ditentukan,” kata Andono.

Kepala Unit Pengelola Sampah Terpadu (UPST) Dinas Lingkungan Hidup Asep Kuswanto menargetkan program ini dapat diimplementasikan seluruh warga Kecamatan Pesanggrahan pada 2023 dan dapat direplikasi ke wilayah lain di Ibu Kota.

Direktur PT Chandra Asri Petrochemical Tbk, Suryandi, mengatakan perusahaannya turut mendukung dengan menyediakan 36 ribu lembar kantong sampah berbahan daur ulang
yang ramah lingkungan, poster edukasi pemilahan sampah, dan juga bantuan pendampingan, sosialisasi, serta evaluasi keberhasilan pemilahan sampah.

“Ini partisipasi kami dalam menunjang implementasi siklus ekonomi sirkular (circular economy),” kata Suryandi. (Put/J-1)

Baca Juga

dok.mi

Pengumuman CPNS DKI 2019 Sudah Ada di Website BKD

👤Hilda Julaika 🕔Jumat 30 Oktober 2020, 15:05 WIB
KEPALA Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta Chaidir memastikan pengumuman CPNS 2019 DKI sudah keluar hari ini, Jumat...
Antara/Hafidz Mubarak

Polisi Minta Maaf Jika Ada Hati Warga yang Tersakiti

👤Rahmatul Fajri 🕔Jumat 30 Oktober 2020, 14:57 WIB
Permohonan maaf itu disampaikan Direktur Lalu Lintas PMJ Kombes Sambodo Purnomo Yogo, saat membagikan masker dan nasi bungkus di wilayah...
ANTARA FOTO/Idhad Zakaria

KAI : 72% Tempat Duduk Kereta Sudah Dipesan untuk 1 November

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 30 Oktober 2020, 14:18 WIB
Adapun rute yang menjadi favorit masyarakat adalah rute Jakarta ke Yogyakarta pulang pergi (pp) dan Jakarta ke Bandung...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya