Jumat 16 Oktober 2020, 01:55 WIB

Portugal, Prancis Bersaing Ketat

Akmal Fauzi | Sepak Bola
Portugal, Prancis Bersaing Ketat

AFP
Bek Prancis Lucas Digne menyambut bola untuk mengamankan pertahanan dari serbuan pemain Kroasia

 

DUA tim papan atas Eropa, Portugal dan Prancis, terus bersaing ketat menjadi yang terbaik di ajang UEFA Nations League, setelah  samasama menuai kemenangan pada laga Liga A Grup 3, dini hari kemarin.

Portugal, kampiun Eropa 2016, kendati tanpa dibela kapten sekaligus penyerang Cristiano Ronaldo, tampil ganas dengan menaklukkan tim tamu Swedia 3-0. Tidak kalah mengilap, Prancis, juara dunia 2018, mempermalukan tuan rumah Kroasia 2-1.

Tersisa dua laga lagi yang dilangsungkan November mendatang, Portugal dan Prancis sama-sama mengoleksi 10 poin hasil empat kali tanding. Namun, Portugal unggul produktivitas gol 9-1 berbanding milik Prancis 7-3.

Karena hanya juara grup yang lolos ke semifinal, duel kedua tim di kandang Portugal di pertengahan November nanti menjadi laga krusial. Saat menjamu Swedia di Estadio Jose Alvalade, Lisabon, dengan disaksikan 5 ribu penonton, tuan rumah Portugal unjuk dominasi. 

Diogo Jota, pemain klub Liverpool Inggris, memborong dua gol Portugal di menit ke-44 dan 72. Bernardo Silva melengkapi gol di pada menit ke-21. Pelatih Portugal Fernando Santos memuji anak asuhnya yang dinilai bermain agresif dan kuat secara fisik. 

“Hasilnya luar biasa, 3-0 luar biasa. Di 20 menit pertama sangat bagus, dengan dinamika, pengorganisasian, selalu memulihkan posisi setelah kehilangan bola dan dengan banyak situasi untuk mencetak gol. Pemain kuat secara fisik dan agresif dalam arti yang baik,” kata Santos.

Sementara itu, pemain Portugal, Bruno Fernandes mengatakan timnya tidak mengubah gaya bermain mereka melawan Swedia karena absennya kapten mereka Cristiano Ronaldo, “Kami tidak diminta untuk bermain secara berbeda (tanpa Ronaldo), ambisi kami tetap sama,” kata gelandang berusia 26 tahun itu.

“Tim ini memiliki nilai-nilai yang hebat, tetapi jelas lebih mudah untuk menang dengan pemain terbaik di dunia,” ujar gelandang yang membela klub Manchester United Inggris itu.

Di Stadion Maksimir, Zagreb, Les Bleus julukan Prancis sudah membuka keunggulan melalui aksi Antoine Griezmann ketika laga belum genap delapan menit. Nikola Vlasic membawa tuan rumah menyamakan skor pada menit ke-64. Akhirnya, penyerang muda Kylian Mbappe memastikan kemenangan melalui sontekan di depan gawang pada meniy ke-79, memanfaatkan sodoran bola Lucas Digne.


Sudah maksimal

Laga lain di Liga A Grup 1, Kapten Belanda Virgil van Dijk menilai performa timnya sudah maksimal meski bermain imbang 1-1 melawan Italia.

Lorenzo Pellegrini membuat Azzurri unggul menit ke-16, sebelum tim tamu menyamakan skor melalui Donny van De Beek pada menit ke-25. “Kami memainkan sepak bola yang sangat bagus. Kami terorganisasi dengan baik dan bekerja keras. Kami bertahan dengan baik dan berkomunikasi satu sama lain,” kata Van Dijk selepas laga.

Hasil imbang itu dimanfaatkan Polandia untuk menempati pemuncak klasemen setelah menang 3-0 atas Bosnia Herzegovina. Polandia
mengumpulkan 7 poin, diikuti Italia (6 poin) dan Belanda (5 poin).

Di Liga A Grup 2, Belgia memimpin dengan 9 poin setelah menang 2-1 atas Islandia, diikuti Denmark dan Inggris yang sama-sama membukukan 7 angka. (UEFA/Footballitalia/R-2)
 

Baca Juga

AFP/Nick Potts

Kalah dari Leeds, Smith Akui Villa Mundur Selangkah

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 06:30 WIB
Momen-momen besar mengubah jalannya pertandingan. Gol pertama sepertinya mengubah pertandingan, mereka maju satu langkah dan kami mundur...
Laurence Griffiths / POOL / AFP

Bamford Hatrick, Leeds Berhasil jegal Aston Villa

👤Akmal Fauzi 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 05:15 WIB
Tambahan tiga poin membuat Leeds melompat naik ke peringkat ketiga klasemen dengan koleksi 10 poin, tertinggal hanya dua poin di belakang...
MI/Seno

Misi Poin Penuh Manchester United dan Chelsea

👤Suryopratomo Dewan Redaksi Media Group 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 03:27 WIB
Ketajaman De Gea dalam membaca permainan membuat Manchester United bisa lebih efektif melakukan serangan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya