Kamis 15 Oktober 2020, 20:35 WIB

WHO Desak Eropa Perketat Penanganan Pandemi

Faustinus Nua | Internasional
WHO Desak Eropa Perketat Penanganan Pandemi

AFP
WHO

 

ORGANISASI Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan penerapkan kontrol yang lebih ketat untuk mengekang penularan Covid-19 dapat menyelamatkan ratusan ribu nyawa di seluruh Eropa sebelum Februari.

Direktur WHO Eropa Hans Kluge pun mendesak pemerintah untuk meningkatkan upaya pencegahan penularan dengan cepat. Hal itu untuk menahan gelombang kedua pandemi Covid-19. "Situasi saat ini lebih dari sebelumnya," katanya, Kamis (15/10).

Saat ini, kasus baru Covid-19 di Eropa  mencapai 100 ribu setiap hari. Eropa disebut baru saja mencatat rekor mingguan tertinggi kasus Covid-19 sejak awal pandemi, dengan hampir 700.000 kasus yang dilaporkan.

"Lonjakan kasus pada musim gugur dan musim dingin terus terjadi di Eropa dengan peningkatan eksponensial dalam kasus harian dan persentase peningkatan yang sesuai dalam kematian harian," kata Kluge.

"Saatnya untuk melangkah. Pesan kepada pemerintah adalah jangan menahan diri dengan tindakan yang relatif kecil untuk menghindari tindakan merusak yang menyakitkan seperti yang kita lihat pada awal pandemi (Maret dan April)," imbuhnya.

Kluge mengutip proyeksi yang dia gambarkan sebagai model epidemiologi yang dapat diandalkan dan mengatakan bahwa mereka tidak optimistis untuk kawasan Eropa.

"Model ini menunjukkan bahwa kebijakan pelonggaran yang berkepanjangan pada Januari 2021 dapat mendorong kematian harian pada tingkat empat hingga lima kali lebih tinggi daripada yang kami catat pada April," katanya.

Tetapi mengambil langkah-langkah pengetatan yang sederhana dan cepat saat ini, seperti memberlakukan pemakaian masker yang meluas dan mengendalikan pertemuan sosial di ruang publik atau pribadi dapat menyelamatkan hingga 281 ribu jiwa pada Februari di 53 negara di Eropa.

Lebih dari 38 juta orang di seluruh dunia telah dilaporkan terinfeksi Covid-19, dan 1,1 juta telah meninggal.(CNA/R-1)

Baca Juga

AFP/Wang Zhao

Sempat Ditolak Bolsonaro, Brasil Setujui Impor Vaksin Sinovac

👤Nur Aivanni 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 13:20 WIB
Regulator kesehatan Brasil Anvisa mengatakan Butantan Institute bisa mengimpor 6 juta dosis vaksin CoronaVac yang dikembangkan oleh...
AFP/Angela Weiss

Jika Terpilih, Biden Janjikan Vaksin Covid-19 Gratis di AS

👤Nur Aivanni 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 11:15 WIB
Begitu kami memiliki vaksin yang aman dan efektif, itu harus gratis untuk semua orang, baik Anda yang memiliki asuransi atau...
Dok Ist

Mengenal Dokumen Abu Dhabi dalam Pertemuan JK-Paus Fransiskus

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 10:13 WIB
Dokumen Abu Dhabi ini disebutkan menjadi peta jalan yang sungguh berharga untuk membangun perdamaian dan menciptakan hidup harmonis di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya