Kamis 15 Oktober 2020, 18:47 WIB

Sektor Pertanian tidak Terimbas Pandemi Covid-19

Widjajadi | Ekonomi
Sektor Pertanian tidak Terimbas Pandemi Covid-19

MI/Widjajadi
Menteri Pertanian Syahril Yasin Limpo dalam peninjauan di Karanganyar dan Boyolali, untuk akselersi pangan di masa covid-19, Kamis (15/10).

 

SEKTOR pertanian pada pandemi covid-19 ini masih menjanjikan dan memberikan kontribuai kuat bagi ketahanan pangan nasional. Bahkan Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, produksi sektor pertanian menunjukkan peningkatan 16,7 persen dan sisi ekspor masih tinggi.

"Yang jelas pada masa covid-19 ini, kata BPS hanya sektor pertanian yang naik. Kenaikannya mencapai 16,7 persen. Ini mengindikasikan akselerasi pertanian tetap terjaga dengan baik," ungkap Menteri Pertanian Syahril Yasin Limpo saat meninjau embung di Desa Giriroto, kecamatan Ngemplak, kabupaten Boyolali, Kamis siang (15/10).

Dengan fakta tersebut, lanjut Syahril, menjadi tanda bahwa selama masa covid-19 sektor pertanian tidak terganggu dan tetap memberi ruang dan peluang industri untuk perputaran bisnis dan ekonomi yang ada. Karena itu keberlangsungannya harus dijaga bahkan perlu dilakukan akselerasi, sesuai dengan karakter dan kondisi masing masing daerah di tanah air.

Dari peninjauan di Giriroto maupun di Desa Kranggan, Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar, Syahril melihat bahwa pertanian baik padi, jagung, kacang kacangan dan palawija terjaga dengan baik.

"Semua saya lihat pertanian baik. Pada semua komoditi berada dalam akseleratif tinggi. Tentunya ini harus dijaga, dan harus bisa dihubungkan dengan industri di pedesaan, " kata dia. (R-1)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Minat Usaha Mikro Tetap Juara

👤Des/E-3 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 05:00 WIB
Jumlah pengajuan nomor induk berusaha (NIB) untuk usaha mikro tercatat 170.152 atau setara 86% dari 197.322 NIB yang diterbitkan melalui...
Dok. Telkomsat

Telkomsat Raih Penghargaan Corporate Image Award 2020

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 03:35 WIB
Penghargaan itu merupakan pembuktian bahwa Telkomsat telah dikenal dan mendapatkan kepercayaan dari masyarakat Indonesia melalui melalui...
DOK: PERTAMINA

Pertamina Memberi Energi untuk Indonesia Maju

👤Gan/S1-25 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 03:32 WIB
Bahan bakar ramah lingkungan D100 menjadi ikhtiar Pertamina dalam mewujudkan Nawacita, yakni mengoptimalkan sumber daya dalam negeri untuk...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya