Kamis 15 Oktober 2020, 17:03 WIB

Musi Banyuasin Zona Merah Penyebaran Covid-19

Dwi Apriani | Nusantara
Musi Banyuasin Zona Merah Penyebaran Covid-19

DOK MI
Ilustrasi

 

KABUPATEN Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan ditetapkan sebagai zona merah penyebaran Covid-19, Kamis (15/10) setelah terjadinya peningkatkan kasus positif di wilayah ini.

Bupati Musi Banyuasin, Dodi Reza Alex membenarkan adanya status zona merah penyebaran Covid-19 di daerahnya. Hal itu sesuai dengan pemetaan oleh Gugus Tugas Penanganan Covid-19 secara nasional.

Ia menjelaskan, ditetapkannya Muba menjadi zona merah dikarenakan setiap hari terus terjadi penambahan kasus baru. Menurutnya, hal ini disebabkan oleh dua faktor. Pertama adanya pelonggaran kebijakan Pemerintah Pusah karena perekonomian harus bergerak.

"Kedua, lonjakan ini disebabkan adanya screening dan tracking besar-besaran yang dilakukan Pemkab Muba. Jadi, kita sengaja mencari orang-orang yang terpapar Covid-19 di Muba. Tujuannya jika terdapat (positif) dapat langsung dilokalisir," jelas dia.

Untuk itu juga, Dodi Reza mengimbau agar masyarakat yang merasa terpapar Covid-19 untuk segera melakukan tes usap. "Jadi jika ada satu orang yang terkonfirmasi postif, langsung kita screening dan tracking menyerluruh agar bisa ditangani," jelasnya.

Sementara Kepala, Dinas Kesehatan Musi Banyuasin, Azmi Dariusmansyah, menambahkan lonjakan kasus positif Covid-19 ini dikarenakan keaktifan Pemkab mencari orang-orang yang diduga terpapar, agar dapat langsung ditindaklanjuti.

"Lonjakan kasus ini beda dengan dearah lain, karena kita melakukan tracking dan screening secara menyeluruh. Ini dilakukan sebagai antisipasi dan upaya menekan angka kematian," beber dia.

Azmi mengatakan, pihaknya lebih menghindari adanya penderita Covid-19 yang tidak terdeteksi. "Komitmen kita tetap, mulai dari melakukan sosialisasi hingga penanganannya. Kita juga melakukan penambahan sarana, prasarana, obat-obatan, dan Sumber Daya Manusia," pungkasnya. (R-1)

 

Baca Juga

 ANTARA FOTO/Arnas Padda

Kasus Covid-19 di Sulsel Mulai Tinggalkan Zona Merah

👤Lina Herlina 🕔Jumat 30 Oktober 2020, 11:35 WIB
Kasus covid-19 di Sulawesi Selatan memang mulai membaik, karena telah meninggalkan zona merah  namun warga harus tetap mematuhi...
MI/Kristiadi

Tiga Alat Deteksi Dini Longsor Rusak, Warga Harus Siaga

👤Akhmad Safuan 🕔Jumat 30 Oktober 2020, 11:12 WIB
Ada tiga alat peringatan dini untuk tanah bergerak dalam keadaan rusak, maka saat hujan datang diharapkan warga tinggal di perbukitan di...
MI/Denny Susanto

Bambu Produk HHBK yang Menjanjikan

👤Denny Susanto 🕔Jumat 30 Oktober 2020, 10:31 WIB
Dinas Kehutanan Kalsel telah mengembangkan sekitar 16 jenis Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) seperti berbagai jenis madu, olahan bambu (tusuk...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya