Kamis 15 Oktober 2020, 13:35 WIB

Pemprov DKI Didorong Inspeksi Seluruh Bangunan di Bantaran Kali

Hilda Julaika | Megapolitan
Pemprov DKI Didorong Inspeksi Seluruh Bangunan di Bantaran Kali

MI/Andri Widiyanto
Petugas Dinas Sumber Daya Air sedang mengevakuasi rumah warga yang tertimpa longsor di kawasan Ciganjur, Jakarta, Senin (11/10)

 

PENGAMAT tata kota Nirwono Joga mendorong Pemprov DKI Jakarta melakukan inspeksi seluruh bangunan di bantaran kali. Pasalnya, bangunan itu berpotensi  melanggar ketentuan sempadan sungai yang bisa membuat bencanan seperti banjir atau longsor.

Menurut dia, langkah inspeksi itu perlu segera dilakukan terlebih seusai adanya kejadian longsor dan banjir di Jagakarsa, Jakarta Selatan. Hal itu akibat adanya bangunan yang melanggar ketentuan sempadan sungai.

Baca juga: DPRD Minta DKI Inspeksi Bangunan di Sempadan Sungai

“Pemprov DKI dan DPRD dapat melakukan inspeksi di seluruh bantaran kali yang pasti akan mendapatkan banyak bangunan yang berdiri di sempadan sungai yang rawan longsor,” kata Nirwono kepada Media Indonesia, Kamis (15/10).

Pemprov DKI, kata dia, bisa langsung melakukan penyegelan permanen bagi bangunan yang melanggar sempadan sungai. Sebelumnya, Komisi D DPRD DKI Jakarta berencana memanggil seluruh pihak yang terkait dengan kejadian bencana tanah longsor di Jagakarsa, Jakarta Selatan. Seperti pihak pengembang, RT, RW, camat, lurah, dan warga setempat untuk mengetahui dari berbagai sudut pandang.

Namun, menurut Nirwono hal tersebut tak perlu dilakukan karena sudah jelas pengembang dan pihak yang mengeluarkan izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang melanggar ketentuan.

“DPRD tidak perlu ribet seperti itu. Kalau mau DPRD terjun ke lapangan melakukan sidak dan langsung meminta Pemprov DKI menyegel bangunan permanen yang berdiri di sempadan sungai terutama yang rawan longsor dulu,” tegasnya. (Hld/A-1)

Baca Juga

MI/Ramdani

Anies: Pandemi, Satu Juta Orang di Jakarta Bekerja dari Rumah

👤Selamat Saragih 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 19:47 WIB
Orang-orang sekarang bebas bersepeda di pagi hari sebelum berangkat kerja atau kadang berangkat kerja dengan...
MI/ANDRI WIDIYANTO

PSBB Transisi, Taman Margasatwa Ragunan Masih Sepi Pengunjung

👤Deden Muhamad Rojani 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 16:48 WIB
Di hari Sabtu pekan lalu jumlah orang yang datang berada di kisaran 800 pengunjung dan Minggu pekan lalu mencapai 1.500...
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Anies: Covid -19 Justru Membuka Peluang Dunia Digital

👤Deden Muhamad Rojani 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 15:53 WIB
Pandemi justru membuat kegiatan masyarakat lebih leluasa lantaran kegiatan dilakukan secara daring, masyarakat lebih bebas memilih...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya