Kamis 15 Oktober 2020, 07:59 WIB

Dinyatakan Kalah 3-0 dan Dipangkas Satu Poin, Napoli Banding

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Dinyatakan Kalah 3-0 dan Dipangkas Satu Poin, Napoli Banding

AFP/Vincenzo PINTO
Penjaga gawang Gianluigi Buffon berbincang dengan staf pelatih Juventus menjelang laga Serie A melawan Napoli yang akhirnya dibatalkan.

 

NAPOLI akan mengajukan banding atas kekalahan 3-0 dan pemangkasan satu poin yang dijatuhkan Liga Italia, Rabu (14/10), karena tidak hadir untuk laga Serie A di markas Juventus awal bulan ini karena covid-19.

Komisi Disiplin Serie A memutuskan tidak ada force majeure yang menyebabkan Napoli tidak bisa melakukan perjalanan ke Turin meski dua pemain mereka dinyatakan positif covid-19 dan seluruh tim diisolasi.

"Napoli selalu menghormati aturan dan hukum," ungkap Napoli lewat Twitter. "Kami kini menunggu hasil banding, sembari terus mempercayai keadilan."

Baca juga: Tidak Datang ke Turin, Napoli Diputuskan Kalah 0-3 dari Juventus

Klub besutan Gennaro Gattuso itu bersikeras mereka tidak bisa meninggalkan Naples setelah otoritas kesehatan setempat menyatakan Eljif Elmas dan Piotr Zielinski positif covid-19 pada 4 Oktober.

Serie A memutuskan gugatan Napoli terkait legalitas laga itu tidak bisa diterima dan Partenopei tidak melakukan hal yang diperlukan untuk memastikan laga itu bisa digelar.

Napoli meminta agar laga itu ditunda namun Juventus tetap melanjutkan persiapan laga sebelum laga itu akhirnya dinyatakan dibatalkan, 45 menit setelah jadwal laga seharusnya digelar.

Serie A menggunakan aturan UEFA yang menyatakan bahwa laga bisa digelar asal sebuah tim memiliki 13 pemain yang siap bermain, termasuk seorang penjaga gawang.

Satu-satunya pengecualian adalah jika terjadi wabah covid-19 dengan lebih dari 10 kasus dalam sepekan.

Jika itu terjadi, klub bisa meminta penundaan laga. Hal itu hanya terjadi sekali pada musim ini yaitu laga antara Genoa dan Torino yang terjadi di pekan yang sama dengan laga antara Juventus dan Napoli.

Akibat keputusan Serie A itu, Juventus naik ke posisi keempat klasemen Serie A sementara Napoli berada di peringkat delapan. (AFP/OL-1)

 

Baca Juga

Miguel MEDINA / AFP

Pirlo Waswas Tanpa Ronaldo Saat Menjamu Barca

👤Akmal Fauzi 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 14:55 WIB
Kondisi Cristiano Ronaldo membuat juru taktik Si Nyonya Tua, Andrea Pirlo was-was jelang laga lanjutan Liga Champions menghadapi...
AFP/Miguel Medina

Italia Perketat Pembatasan, Presiden Serie A: Kami Bisa Kolaps

👤Akmal Fauzi 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 14:00 WIB
Dalam aturan terbaru, pemerintah Italia kembali melarang suporter untuk datang ke stadion. Keputusan itu menyusul lonjakan kasus covid-19...
Twitter @Persija_Jkt

Persija Kembali Instruksikan Latihan Mandiri

👤Dero Iqbal Mahendra 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 12:42 WIB
Hal tersebut dilakukan lantaran belum ada kejelasan terkait kepastian kelanjutan Liga...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya