Kamis 15 Oktober 2020, 07:47 WIB

RSUD Tarutung Kehabisan Cartridge Swab Covid-19

Januari Hutabarat | Nusantara
RSUD Tarutung Kehabisan Cartridge Swab Covid-19

Istimewa
Mesin Tes Cepat Molekuler (TCM) memeriksa covid-19 menggunakan dahak dengan amplifikasi asam nukleat berbasis cartridge.

 

BUPATI Tapanuli Utara, Nikson Nababan meminta pusat memberikan perhatian kepada RSUD Tarutung yang menjadi rumah sakit rujukan covid-19 karena kehabisan stok alat cartridge untuk swab test covid-19.

"Saat ini alat diagnostik laboratorium untuk Covid-19 di RSUD Tarutung kosong. Sementara rumah sakit ini mengkover 7 kabupaten. Bila ini tidak bisa ditangani, bisa berdampak buruk bagi pemeriksaan covid-19," terang Nikson, Kamis (15/10).

baca juga: Sehari, Pasien Sembuh Bisa Capai 929 Orang

Pihaknya telah berkirim surat ke Menteri Kesehatan sebanyak tiga kali yakni pada 29 Juni, 28 Juli dan 30 September 2020. Pemkab Tapanuli Utara juga menyurati Satgas Penanganan Percepatan Covid-19 Provinsi Sumatra Utara dan Kepala Dinas Kesehatan Sumatra Utara namun belun ada respons.

Direktur RSUD Tarutung, dr Janri i Aeyoge Nababan membenarkan pihaknya mengalami kekosongan stok alat cartridge SARS Cov2 yang merupakan instrumen penting dalam memastikan apakah pasien terpapar covid-19 atau tidak. Adanya kekosongan ini, pemeriksaan swab harus dihentikan sementara. (Ant/OL-3)

Baca Juga

Dok. Polri

Kakorlantas Bakal Adopsi Pengembangan Program TAR Tulungagung

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 01:42 WIB
TAR yang terkoneksi dengan Dukcapil serta face recognition tersebut akan membuat petugas mengetahui rekam jejak sejarah seseorang yang akan...
DOK MI

Warga Kota Sukabumi Diimbau tidak Bepergian saat Libur Panjang

👤Benny Bastiandy 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 00:45 WIB
Peningkatan kasus baru di Kota Sukabumi akhir ini terjadi pada klaster keluarga. Kondisi itu juga lantaran tak sedikit dipicu perjalanan ke...
DOK MI

Pemkab Subang akan Lakukan Tes Covid-19 kepada Pengunjung Sariater

👤Reza Sunarya 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 00:10 WIB
Satgas covid-19 Subang akan melakukan rapid tes dan swab tes secara acak kepada para wisatawan yang berkunjung ke objek...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya