Kamis 15 Oktober 2020, 00:20 WIB

Harimau Sumatra Muncul di Taman Hutan Rakyat, Karo

Yoseph Pencawan | Nusantara
Harimau Sumatra Muncul di Taman Hutan Rakyat, Karo

MI/Heri Susetyo
Ilustrasi

 

ADANYA laporan masyarakat yang kerap melihat harimau yang melintas kawasan Taman Hutan Rakyat (Tahura) Bukit Barisan, Kabupaten karo, Sumatra Utara (Sumut). Unit Pelaksana Teknis (UPT) Tahura surati Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) mohon bantuan.

Kepala UPT Pengelolaan Tahura Bukit Barisan, Ramlan Barus mengungkapkan beberapa hari lalu dirinya telah menyurati  Kepala BBKSDA Sumut terkait dengan konflik harimau.

"Kami meminta bantuan penanganan konflik Harimau Sumatra di kawasan Tahura Bukit Barisan," ujarnya saat dikonfirmasi, Rabu (14/10).

Dia menjelaskan, permintaan bantuan itu dilakukan untuk menindaklanjuti laporan dari masyarakat dan pengunjung di sekitar kawasan Tahura Bukit Barisan, Kabupaten Karo. Yang mana telah terjadi beberapa kali perjumpaan antara masyarakat dan pengunjung dengan Harimau Sumatra di kawasan Tahura Bukit Barisan.

Baca juga : Bapemperda DPRD Jatim Apresiasi Kinerja Polda Tangani Covid-19

Salah satunya pada tanggal 29 Agustus 2020. Ketika itu petugas pemungut retribusi pendakian Gunung Sibayak melihat seekor Harimau Sumatra melintasdi jalan menuju pos pendakian.

Kemudian pada tanggal 30 Agustus 2020. Seorang warga setempat melihat Harimau Sumatra di kawasan Gunung Sibayak saat mencari tanaman obat.

Lalu pada tanggal 30 September 2020. Pengunjung yang sedang mengendaraimobil menuju pos pendakian Gunung Sibayak bahkan bertemu langsung dengan seekor Harimau Sumatra.

Saat itu sang harimau sedang melintas di jalan dan kemudian mengejar mobil pengunjung tersebut.

"Karena laporan-laporan itu lah kami meminta bantuan BBKSDA Sumut untukmenangani konflik Harimau Sumatra di kawasan Tahura Bukit Barisan, secepatnya. Persisnya di kawasan Gunung Sibayak," pungkas Ramlan Barus.(OL-2)

 

Baca Juga

Dok. Polri

Arus Mudik Landai, Kakorlantas: Masyarakat Makin Sadar Kesehatan

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Rabu 28 Oktober 2020, 00:40 WIB
Ia melihat kondisi arus mudik libur panjang yang menuju Jawa Tengah hingga malam hari terpantau landai. Belum ada peningkatan volume arus...
Antara

Peternak Merugi Ratusan Ekor Babi Mati Mendadak di Lembor

👤John Lewar 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 23:50 WIB
PETERNAK babi di Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat  di Nusa Tenggara Timur (NTT), resah karena kematian mendadak hewan...
Dok MI

Waktu Tunggu Ekspor dari Belawan Dipangkas Lebih Cepat Dua Hari

👤Yoseph Pencawan 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 23:40 WIB
"Waktu tunggu atau dwelling time harus cepat dan biaya harus murah agar produk kita makin memiliki berdaya saing ," kata...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya