Kamis 15 Oktober 2020, 06:25 WIB

Efek Bergulir Bantuan Sosial di Masa Pandemi

Micom | Humaniora
Efek Bergulir Bantuan Sosial di Masa Pandemi

MI
.

 

PROGRAM bantuan sosial Kementerian Sosial selain menyalurkan bantuan bagi masyarakat yang membutuhkan, juga dipastikan memberikan dampak baik kepada berbagai sektor, khususnya sektor pertanian dan perikanan.

Contohnya, penyaluran beras dan sembako dalam program keluarga harapan (PKH) untuk 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM) dapat membantu Bulog untuk mendistribusikan beras. Dengan demikian, penyerapan hasil panen dari petani bisa berjalan lancar.

Dalam program penyaluran  bantuan semacam itu, Kemensos juga memberikan bantuan lauk pauk berupa antara lain ikan. Ini akan membantu penyerapan hasil tangkapan nelayan.

Itu artinya bantuan sosial mendorong petani dan nelayan berproduksi.  Itu artinya pula, bantuan sosial mendorong berputarnya sektor-sektor   produktif.   

Dengan demikian, bantuan sosial yang disalurkan Kementerian Sosial tidak hanya bersifat konsumtif, melainkan membawa efek bergulir yang bersifat produktif.

Sayangnya, sebagian besar kita bisa dikatakan hanya membayangkan bantuan sosial yang disalurkan kemensos bertujuan untuk komsumsi.   Masyarakat tahunya bantuan sosial Kemensos bersifat konsumtif, habis dikonsumsi.  

Padahal, seperti kita lihat bagaimana bansos membawa efek produktif  di bidang pertanian dan perikanan, bansos ternyata ujungnya juga bersifat produktif.

Untuk memberi pemahaman komprehensif tentang efek program bantuan sosial Kemensos itu, ikuti program Indonesia Bicara Media Indonesia hari ini (Kamis, 15/10) jam 13.00-15.00 WIB dengan narasumber Menteri Sosial Juliari Batubara.

Acara dapat diikuti melalui live streaming:
1. Youtube Media Indonesia
2. Facebook Media Indonesia
3. IG Media Indonesia
4. Website Media Indonesia

Baca Juga

Biro Pers Istana

Jokowi: Penghormatan Tertinggi untuk Dokter Gugur saat Pandemi

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 18:20 WIB
"Keteladanan yang ditunjukkan para dokter di masa pandemi ini telah menginspirasi jutaan anak bangsa untuk saling menolong, saling...
Ist

Osteoporosis Bukan Hanya Soal Kurang Kalsium

👤Eni Kartinah 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 17:43 WIB
Konsumsi obat-obatan golongan steroid dan beberapa jenis penyakit seperti autoimun, ginjal, hati, radang sendi, serta hipertiroid juga bisa...
Dok MI

Perlu Sosialisasi Masif untuk Tingkatkan Pemahaman soal Kanker

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 17:40 WIB
Minimnya informasi tentang kanker, menurut Lestari, menyebabkan masyarakat kerap terlambat dalam mengantisipasi gejala-gejala kanker yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya