Rabu 14 Oktober 2020, 20:24 WIB

Pemkab Ciamis Luncurkan Kedai Kopi di Dalam Bus

Kristadi | Nusantara
Pemkab Ciamis Luncurkan Kedai Kopi di Dalam Bus

Humas Pemkab Ciamis

 

Pemerintah Kabupaten Ciamis meluncurkan Ciamis Kopi Bis (Cikobis) dalam bus sebagai salah satu program yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata, Badan Promosi Pariwisata Daerah (BP2D) Kabupaten Ciamis. Program ini terutamanya untuk menarik minat wisatawan di tengah pandemi Covid-19.

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya mengatakan, peluncuran Cikobis di masa pandemi Covid-19 dilakukannya ini untuk mendorong bangkitnya kembali perekonomian di daerahnya terutama meningkatkan kesejahteraan. Karena, selama ini penyebaran virus korona yang tejadi belum dapat diatasi sepenuhnya dan pemerintah tak boleh terpuruk dalam perekonomian.

''Inovasi program Cikobis bisa mendobrak lagi minat wisatawan terutamanya untuk datang berkunjung ke Ciamis. Karena, program yang diberikan bagi pengunjung akan memberikan sensasi suasana kafe di dalam bis agar para wisatawan akan diajakmenikmati nikmatnya kopi sembari berkeliling kota Ciamis," katanya, Rabu (14/10/2020).

Ia mengatakan, kopi merupakan potensi besar di Kabupaten Ciamis yang harus dikenalkan kepada masyarakat secara luas dan promosi produk tersebut dapat dilakukannya sekaligus dengan pengembangan pariwisata. Namun, di dalam Cikobis sendiri, para penumpang dapat merasakan suasana kafe di dalam bis hingga ditujukan untuk wisatawan yang akan keliling.

"Selama pandemi Covid-19, pemerintah akan tetap menerapkan protokol kesehatan selama di dalam bus akan dilakukannya secara ketat dan warga tetap harus menjaga peraturan itu. Karena, selama ini wabah virus korona masih belum hilang tetapi untuk perekonomian tetap harus berjalan dan pemerintah harus berupaya meningkatkan upaya agar kondisi tersebut tak terpuruk," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Wasdi Izudin mengatakan, di tengah pandemi Covid-19 pemerintah telah memiliki program Cikobis untuk membangun perekonomian terutama di masyarakat dengan cara mendorong pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah yang ada di Ciamis. Karena, dalam program Cikobis akan bergairah dalam perkembangan pariwisata dan memiliki potensinya cukup banyak.

"Dalam program Cikobis ini, kita bekerja sama dengan bus Sumber Jaya Trans Ciamis hingga rute Kopi bis menawarkan 6 rute (perjalanan) mulai dari City tour ALBAiK, Kawali, Panjalu, Karangkamulyan, Cihaurbeuti, dengan kisaran biaya sebesar Rp 50 sampai Rp70 ribu untuk per orangnya. Karena, mereka juga menikmati minum kopi bis (Cikobis) di dalam kendaraan," paparnya. (AD/OL-10)

Baca Juga

MI/Djoko Sardjono

Harga Bahan Pangan di Klaten Fluktuatif

👤Djoko Sardjono 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 13:12 WIB
Pedagang pasar mengeluh pembeli sepi di masa pandemi...
ANTARA FOTO/Adwit B Pramono

Manado&Tomohon, Kota di Sulut dengan Kasus Baru Korona Terbanyak

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 11:52 WIB
Penambahan penularan baru covid-19 di Kota Manado dan Tomohon masing-masing sebanyak 15 dan 10...
ANTARA FOTO/FB Anggoro

BKSDA Aceh Bebaskan Beruang Madu yang Terjerat Kawat

👤Amiruddin Abdullah Reubee 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 11:43 WIB
Ada dugaan jerat itu sengaja dipasang karena tanaman kakao, pisang dan palawija di lokasi tersebut sering digasak hewan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya